10 Aplikasi Android di Play Store untuk Si Ponsel Pintar

10 Aplikasi Android di Play Store untuk Si Ponsel Pintar
10 Aplikasi Android. Sumber gambar: pinterest.com

Ketika membuka Play Store di tablet Android, maka akan muncul begitu banyak kategori, mau yang top free, top grossing, top new paid, top new free, dan trending. Karena saya penyuka gratisan, saya pasti selalu membuka kategori top free. Bisa dibilang, yang menduduki 10 peringkat teratas, jarang mengalami perubahan posisi. Berikut 10 aplikasi Android teratas, dan silakan cek deh, apakah sebagian besar Anda pakai atau tidak.

BBM (BlackBerry Messenger)

Awalnya platform ini eksklusif milik BlackBerry. Cuma mengingat pasar Asia dikuasai Android, maka wajar saja rasanya jika akhirnya dibuat juga untuk Android dan IOS. Aplikasi yang bermuatan 16.37 MB ini digunakan lebih dari 10 juta orang. Tapi terus terang, aplikasi BBM di tablet saya sering error hingga pesan-pesan sering terpending, baik yang masuk maupun terkirim. Dengan size yang besar juga membuat RAM cepat penuh dan lemot, sehingga terhitung tidak begitu rama bagi gadget Android RAM di bawah 1 GB.

WA (WhatsApp Messenger)

Masih menjadi andalan saya untuk berkomunikasi gratisan, ketimbang BBM Android karena boleh dibilang jarang sekali eror. Digunakan 100 juta lebih pengguna, dengan ukuran file 13.80 MB. Aplikasi satu ini jarang meminta update dan bagi saya tidak masalah. Toh dengan tampilan sederhananya pun sudah lebih dari cukup.

Facebook

500 juta kali diunduh dan sebagai jejaring sosial fenomenal setelah 10 tahun menjejakkan kaki di seluruh dunia, Facebook memang sulit terkalahkan. Facebook versi Android menurut saya memang jauh lebih baik ketimbang BlackBerry.

Clean Master-Free Optimizer

Aplikasi ini sudah diunduh 100 juta kali dengan ukuran file hanya 7.82 MB, ringan tapi sangat bermanfaat untuk membuang sampah-sampah yang berpotensi membuat tablet Android Anda menjadi lemot.

Opera Mini Browser for Android

Meski sudah ada browser bawaan sudah disediakan oleh Google, tapi nggak ada salahnya kok memasang browsing maharingan yang satu ini. Buat saya pribadi, Opera Mini berguna jika ingin mengakses akun gmail saya yang lain. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna.

Baidu Browser

Kurang lebih sama dengan Opera Mini, ini adalah aplikasi alternatif bagi Anda yang ingin browsing. Diunduh lebih dari 5 juta kali dengan ukuran file 4 kali lebih besar dari Opera Mini. Saya belum tertarik menggunakannya karena pertimbangan mau dipakai untuk apa.

LINE: Free Calls & Messages

Diunduh lebih dari 100 juta kali. Terkenal dengan stiker-stiker lucu dan menggemaskan, plus game-game ringannya. Aplikasi  dengan muatan 18.39 MB ini juga saya pasang, meski jarang digunakan.

Camera360 Ultimate

Kamera yang terkenal dengan begitu banyak efek, termasuk membuat warna bibir jadi oranye dan serbaunyu-unyu. Dengan ukuran file 17.77 MB, bagi penyuka photo editor, ini bisa dipilih. Sudah diunduh lebih dari 50 juta kali. Saya pernah memasang aplikasi ini dan tidak lama saya uninstall karena hanya memenuhi memori tablet saja.

Instagram

Instagram merupakan aplikasi yang sepertinya memang tidak akan mungkin muncul di BB, tapi popularitasnya tidak kunjung turun. Dengan file hanya 8.55 MB, dan dilengkapi beragam efek dan editing sederhana, saya termasuk dari 100 juta orang yang pernah mengunduhnya.

Pou

Game yang populer meski ukuran filenya mencapai 16.58 MB. Game yang sudah diunduh 100 juta kali ini, mengingatkan saya dengan permainan Tamagochi sekian tahun silam. Terus terang, saya kurang telaten soal mengurus binatang virtual seperti ini sehingga tidak memasangnya.

Nah, untuk di peringkat dan seterusnya, ada Twitter, WeChat, Facebook Messenger, Path, bahkan KakaoTalk. Selamat menginstal 10 aplikasi Android di Play Store untuk ponsel pintar Anda.

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response