12 Tempat Makan di Jogja yang Pas buat Nongkrong

12 Tempat Makan di Jogja yang Pas buat Nongkrong
12 Tempat Makan di Jogja. Sumber gambar: pinterest.com

Ada 12 tempat makan di Jogja yang menurut saya asyik sebagai tempat makan atau sekadar nongkrong nih. Berikut saya bahas satu per satu beserta alasannya.

Artemy Gelato

Kedai yang menawarkan menu gelato sebagai salah satu unggulannya ini, terletak di beberapa spot. Kedai yang paling pertama dibuka di daerah Malioboro, tidak jauh dari Malioboro Mall. Lalu kemudian dibuka lagi di Jalan Krangan 58. Di sinilah yang kerap saya jadikan tempat untuk bertemu teman-teman. Menu yang biasa saya pesan adalah macaroni schotel, risoles, french fries, capuccino iced, dan chocolate iced. Follow twitter: @artemy_gelato (Ulasannya di sini)

Paris Bakery

Kafe yang terletak di Jl. A.M Sangaji 68A ini, menyediakan berbagai menu roti dan makanan ringan ala Prancis. Tentunya juga minuman-minuman yang tidak kalah enaknya, panas maupun dingin banyak pilihannya.
Follow twitter: @paris_bakeryID , web: parisbakeryindonesia.com.

Serafin

Ini juga menyediakan menu dan nuansa tempat ala kafe di Pancis, dengan tata lampu yang terasa hangat dan alunan musik-musik berbahasa Prancis. Letaknya hanya beda gang dari Artemy Kranggan, yaitu Jl. Pakuningratan 40. Black velvet, red velvet, dan rainbow cake adalah salah satu menu andalannya. Follow twitter: @SerafinPastry

Legend Coffee

Tempat ini buka 24 jam. Letaknya yang strategis membuat kafe luas beralamat di Jl. Abu Bakar Ali No. 24 ini selalu rame. Minumannya tersedia mulai dari teh, kopi, kopi blended, susu, hingga cokelat. Makanannya mulai dari cemilan semacam lumpia dan kentang goreng, sampai yang berat seperti nasi goreng dan steak. Harganya tentu saja terjangkau dan pas untuk kantong mahasiswa. Follow twitter: @legendjogja

Nanamia Pizzeria

Pizza ala Italia? Ini tempatnya. Dengan roti yang tidak terlalu tebal namun renyah, membuat pizza Nanamia terasa sangat khas. Memasaknya pun dengan tungku kayu sehingga matangnya benar-benar pas. Selain pizza berukuran medium (diameter 30 cm) dan large (diameter 35 cm), disediakan juga berbagai zuppe, insalata, antipasti, panini, dan pasta. Untuk minumannya, tersedia soft drink, jus, kopi, milkshake, dan smoothie. Follow: @nanamiapizzeria. (Ulasannya di sini)

Il Mondo

Sama seperti Nanamia, Il Mondo pun menyediakan pizza khas Italia yang dimasak menggunakan tungku kayu. Wajar saja, jika kelamaan berada di sini, mata Anda akan terasa pedih karena asapnya. Ini saya alami sendiri, dan memang, para pengunjung di sini tidak berlama-lama. Setelah selesai makan, langsung pulang. Letaknya di JL. Cendrawasih, No.21, Demangan Baru. Berlantai dua. Dan pilihlah lantai dua jika ingin melihat pemandangan lebih leluasa. Selain pizza, juga tersedia berbagai menu appetizer dan dessert. Untuk minumannya, Anda bisa mencicipi kopi dari yang lever pahit sampai yang blended. Saya pribadi lebih menyukai kopi blended. Ada pula jus, milkshake dan cokelat. Follow twitter: @ilmondopizza

House of Raminten

Tempat nongkrong favorit anak muda di Jogja. Pada jam-jam tertentu, Anda harus mengantre dulu sebelum mendapatkan meja. Tempat ini memang menyediakan nuansa yang menyenangkan untuk makan bersama pasangan maupun keluarga. Dengan para pelayan yang mengenakan busana Jawa serta menu-menunya yang unik, membuat Anda tidak cukup sekali ke sana. Beralamat di Jl. FM Noto 7, Kotabaru. Ada pula cabang lainnya di Jl. Kaliurang. Cukup jarang memang rumah makan yang menyediakan berbagai macam jamu. Di sini Anda bisa mencoba berbagai jamu dengan khasiatnya masing-masing.

Waroeng SS

Ada banyak gerai Waroeng SS yang bisa Anda pilih untuk makan siang maupun malam. Sebagian besar Waroeng SS identik dengan pengunjung yang selalu bejubel. Apa lagi yang dicari kalau bukan menu-menu yang beragam dan harga mahasiswa. Racikan sambalnya bisa Anda pilih, mulai yang tidak pedas, sampai yang membuat Anda berkeringat. Lauk yang disediakan, mulai dari tempe hingga sapi goreng. Untuk sayurnya ada kangkung, pecel, terong, dan sebagainya. Salah satu gerai yang sering saya datangi yang beralamat di Jl. Kusumanegara dan J. Veteran. (Ulasannya di sini)

Pondok Cabe

Hampir serupa dengan Waroeng SS, rumah makan ini juga menyediakan menu serbasambal. Hanya saja lever kepedasannya masih kalah dengan Waroeng SS. Pondok Cabe memiliki kelebihan lain, yaitu tempat yang lebih besar dan pengunjungnya tidak sampai bejubel hingga harus mengantre. Menu andalannya antara lain empal gepuk dan berbagai pepes. Harganya lumayan terjangkau dan Anda tidak perlu terlalu lama menunggu hingga pesanan Anda terhidang. Pondok Cabe yang sering saya datangi adalah yang berada di Jl. Laksda Adisucipto 10 dan Jl. C. Simanjutak 418.

Nagoya Fusion

Makanan Jepang baru belakangan ini mulai saya icip-icip. Itu pun baru sebatas ebi katsu, ebi furai, dan ramen. Nah, kalau mau menikmati ramen enak dengan harga berkisar 15.000, silakan datang ke Nagoya, di Jl Sarjito 11. Warung ini cukup kecil, dan terkadang rame di sore hari. Ramen berkuah pedasnya bisa Anda tentukan sesuka Anda, mau level 1-10. Ocha juga tersedia di sini, silakan Anda pesan dan nikmati hidangan teh hijau tanpa pemanis. Follow: @nagoyafusion. (Ulasannya di sini)

Hakone Resto

Ramen yang tidak kalah enak juga bisa Anda nikmati di Hakone, JL. Komplek Colombo no.40. Bedanya, Hakone Resto memiliki tempat lebih luas, dua tingkat dan ber-AC. Wajar saya rasanya jika seporsi ramen ada yang sampai seharga 50.000. Dari segi rasa, sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Enak memang. Dan di sinilah saya pertama kali mencicipi ramen. Banyak menu ala Jepang lainnya yang bisa Anda coba. Jangan lupa ajak sahabat atau keluarga Anda juga ya.

Bungong Jeumpa

Masakan Aceh boleh dibilang nggak jauh-jauh beda dengan masakan khas Sumatra yang bersantan dan pedas. Tapi, tentu saja, jika tidak mengadaptasi selera penduduk Jogja, tidak akan banyak peminatnya. Maka, silakan datang ke Jl. Demangan Baru dan di sana Anda akan dibuat bingung dengan sekian banyak pilihan menu. Ada nasi goreng, mi goreng, roti cane, teh, hingga kopi. Web: bungongjeumpa.com. (Ulasannya di sini)

Nah selamat mencicipi berbagai menu makanan yang terdapat di 12 tempat makan di Jogja.

 

Jogja, 16 Maret 2014

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response