Sebutkan 5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini #10DAYSKF

Sebutkan 5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini #10DAYSKF |

 

Resolusi tidak hanya berlaku pada Adobe Photoshop, tapi juga kalangan manusia menjelang akhir tahun. Resolusi adalah sebuah pencapaian, rencana jangka panjang, visi dalam setahun. Terkadang, resolusi menjadi penyemangat kita untuk mencapai sesuatu, kadang resolusi tidak lebih dari daftar yang kemudian akan terlupakan begitu saja.

Menyinggung lagi perkara teori yang membahas seputar pengelompokan kepribadian manusia, ini akan ada kaitannya dengan manusia yang senang berencana dan tidak. Manusia yang teratur atau tidak. Ada banyak referensi literatur psikologi yang merujuk pada pemikiran Hippocrates ribuan tahun silam, seorang filsuf Yunani. Beliau ini mengungkapkan Teori Empedokretus di mana temperamen manusia dipengaruhi oleh cairan dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, dari berbagai riset psikologis dan segala perkembangannya, muncullah kategori sanguinis, melankolis, plegmatis, koleris. Bahwa manusia yang senang membuat rencana-rencana dalam hidupnya adalah salah satu ciri kepribadian melankolis.

Sebutkan 5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini #10DAYSKF 1
5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini. Sumber gambar: aima25.blogspot.co.id

Saya bukannya mau membahas panjang lebar 4 hal itu, sebab kepribadian manusia mustahil sesaklek teori. Hanya susu dan emas saja yang pantas dipredikati “murni”. Boleh jadi, saya memiliki 4 kepribadian sekaligus, hanya saja yang ketahuan orang cuma 2. Sisanya untuk konsumsi pribadi dan saya alirkan hanya dalam tulisan dan ditutupi nama pena. Percayalah bahwa rumitnya kepribadian manusia adalah anugerah Tuhan yang tiada tara. Manusia pun punya banyak warna, tidak hanya pelangi.

Lalu, 5 hal yang ingin saya capai di tahun ini. Tahun 2017 adalah tahun ayam api, shio babi diramalkan peruntungannya di taraf sedang-sedang saja. Tahun lalu pun hidup saya juga sedang-sedang saja. Boleh saya minta ganti shio? Saya bukan orang yang sepenuhnya bergantung pada ramalan. Meski ramalan sebenarnya ada hitung-hitungan yang tidak asal-asalan. Membaca bintang itu tidak semudah memotong kuku atau menggaruk telapak tangan. Mengingat bahwa definisi sedang-sedang sangatlah luas, maka saya pun dengan percaya diri akan menuliskan 5 hal pencapaian dalam setahun. Terwujud atau tidaknya keinginan yang sedang-sedang saja itu, kuncinya ada di tangan saya sendiri. Ini 5 tantangan yang akan saya selesaikan sebelum terompet tahun baru 2018 berbunyi.

Sebutkan 5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini #10DAYSKF
5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini. Sumber gambar: 123rf.com

Pertama, saya akan bersepeda sejauh 6.000 kilometer selama setahun. Tidak jauh dari pencapaian di tahun 2016. Lance Amstrong mengikuti Tour de France di usia 33, maka saya menganggap 33 adalah angka istimewa untuk sebuah kegilaan yang menyenangkan.

Kedua, lari sejauh 100 kilometer. Saya cukup menjadwalkan 50 kali lari dengan jarak 2 kilometer. Masih masuk akal. Kalau mau lebih gila, ikut 5 kali maraton juga selesai target ini.

Ketiga, memposting 200 artikel untuk blog atau 17 artikel tiap bulannya atau 4 artikel tiap minggunya. Event #KampusFiksi 10 Days Writing Challenge akan mempermudah saya mencapai target.

Sebutkan 5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini #10DAYSKF 3
5 Hal yang Ingin Kamu Capai Tahun Ini. Sumber gambar: womensrunning.competitor.com

Keempat, menyelesaikan 2 novel. Ini adalah hal yang sebenarnya mustahil jika 3 tantangan sebelumnya saya penuhi dengan sempurna.

Kelima, menurunkan berat badan hingga 50 kilogram. Sebenarnya ini bisa saya lakukan sejak tahun lalu. Tapi godaan memang selalu ada di depan mata dan sulit untuk dilawan. Mengingat beratnya tantangan no. 1 dan 2. Besar kemungkinan saya bisa mewujudkannya. Just wait and see.

Jadi, 2017 adalah tahun yang sibuk meski sedang-sedang saja.

 

Jogja, 20 Januari 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response