A Game of Shadows (2011); Film Pengejaran Sengit Moriarty

A Game of Shadows (2011); Film Pengejaran Sengit Moriarty
A Game of Shadows (2011). Sumber gambar: IMDB

A Game of Shadows, film kedua Sherlock Holmes di bawah penyutradaraan Guy Ritchie. Bercerita tentang pengejaran Sherlock (Robert Downey Jr.-Iron Man) dan dr. Watson (Jude Law) pada seorang profesor yang terobsesi menguasai industri senjata dan kedokteran. Prof. Moriarty berniat untuk menyulut peperangan antara Jerman dan Prancis. Bersetting tahun 1891, saya dibawa melihat Inggris klasik.

Kisah Sherlock Holmes A Game of Shadows dimulai dengan pernikahan dr. Watson dengan Mary. Sebelum perhelatan berlangsung, Sherlock menyiapkan pesta bujang, tapi sebenarnya ada sesuatu yang tersembunyi di sana. Seorang gypsi pembaca kartu, bernama Madame Simza merupakan adik dari seorang anggota kelompok anarkis yang dibayar oleh Moriarty untuk mengacaukan perdamaian. Sherlock menemui perempuan ini untuk menyampaikan surat dari sang kakak. Simza tidak percaya begitu saja hingga ia mendapati seorang pembunuh bayaran mengincar nyawanya.

Mereka kemudian berusaha mencari Rene beserta Watson yang terpaksa menunda bulan madunya. Akibat terjadinya pemboman, semua perbatasan dijaga dengan ketat, tapi Simza punya alternatif jalan yang lain, naik kuda. Untuk menangkap Moriarty yang dilindungi seorang pembunuh bayaran menjadi sulit, terlebih ia sudah membeli sejumlah pabrik senjata. Mati-matian Sherlock dan Watson menghadapi musuhnya, bahkan seringkali berhadapan dengan maut. Tapi jangan khawatir, Sherlock dengan berbagai penyamarannya, berhasil membongkar sejumlah rahasia sang profesor dengan begitu cerdik.

Setting klasik tidak menjadi alasan untuk menampilkan efek-efek tertentu, seperti ledakan dan menara yang runtuh, dan tidak pula terkesan dipaksakan. Kejeniusan Sherlock dalam berstrategi dan menjelaskan banyak hal dalam waktu singkat membuat film Sherlock Holmes A Game of Shadows terasa berbobot.

Trailer A Game of Shadows:

 Yogyakarta, 4 Agustus 2014

Leave a Response