A Serious Man (2009); Film Tentang Profesor Yahudi yang Serius

A Serious Man (2009). Sumber gambar: IMDB

A Serious Man mendapatkan nominasi Oscar untuk Best Motion Picture of the Year dan Best Writing Original Screenplay di tahun 2010.

Saking kuatnya nuansa Yahudi, saya berpikir A Serious Man adalah film buatan Israel. Mulai dari lagu-lagu yang berbahasa Yiddi, bus sekolah bertulisan Ibrani, hingga tokoh-tokohnya yang bermuka khas Yahudi. Hey, tapi ini film Amerika. Sebuah keluarga Yahudi yang sangat kental. Bahkan anak-anak pun disekolahkan di sekolah khusus Yahudi. Ada pula tradisi Bar Mitzvah alias semacam ritual bagi remaja Yahudi.

Masih banyak orang Yahudi yang mempertahankan tradisi leluhur. Tetap dengan agama nenek moyang, Yudaisme. Mereka menjalani hari-hari sesuai dengan tuntunan agama, termasuk beristirahat di hari Sabtu atau Sabbath.

A Serius Man ditulis dan disutradarai oleh Ethan Coen dan Joel Coen. Tapi jangan mengira bahwa film ini benar-benar serius dan membosankan. Si tokoh utama pun tidak kaku-kaku amat. Dia seorang profesor yang berkarisma. Seorang ayah yang bertanggung jawab. Dan suami yang terkhianati oleh istri yang berselingkuh dan minta segera dicerai.

Rumah sang profesor juga ditinggali saudaranya yang punya perilaku aneh. Entah apa yang dilakukannya di dalam kamar mandi. Tetangga, seperti tetangga pada umumnya, rese dan ada-ada saja kelakuannya. Si profesor pun juga punya tetangga perempuan seksi nan menggoda.

Kerumitan di kehidupan rumah tangga masih ditambah lagi dengan adanya mahasiswa asal Korea yang berusaha menyuap demi perbaikan nilai ujiannya. Kejujuran sang profesor diuji. Haruskah dia menerima uang haram itu dan membuat sebuah penipuan kecil? Uang itu disimpannya, rupanya berguna di suatu waktu.

Dari beberapa trivia yang terdapat di IMDB, pertanyaan mendasar mengenai para pemeran dalam A Serious Man yang asing pun terjawab. Mereka memang bukan pemain film pada umumnya. Sutradaralah yang membuat mereka bisa berakting natural. Bagus banget sih memang tidak. Namanya juga pemula. Toh di film-film Iran pun para pemainnya juga orang-orang kebanyakan yang lolos kasting dan kepolosan itulah yang menjadi modal yang bisa diunggulkan.

Trailer A Serious Man:

Jogja, 24 Juni 2016