ABBY FineReader 12 Professional; Software Pengubah Image ke Word

ABBY FineReader 12 Professional; Software Pengubah Image ke Word
ABBY FineReader 12 Professional

ABBY FineReader 12 Professional-software ini merupakan perangkat OCR (Optical Character Recognition), gunanya adalah sebagai pengubah file PDF maupun image menjadi text editable alias dapat diedit. Software ini memberikan fasilitas jauh lebih lengkap daripada Expert PDF 7. Sebenarnya, jasa OCR online pun sangat banyak tersedia, jika memang hanya memerlukannya untuk convert image/PDF ke dalam teks yang jumlahnya sedikit. Hasil OCR sendiri tidak semuanya sempurna. Namanya juga membaca gambar, jika kualitas gambarnya kurang bagus, maka akan banyak distorsi pada teks. Pastikan saya kualitas image/PDF optimal. Hasil convert image yang diambil dengan kamera HP beresolusi rendah dengan kamera saku saja sudah berbeda. Lagi-lagi, image yang dihasilkan dari mesin scan tentu jauh lebih bagus lagi.

 

 Nah berikut saya bahas cara penggunaan ABBY FineReader 12 Professional.

ABBY FineReader versi online ada, dengan pembatasan convert hanya 10 halaman. Setelah itu harus bayar. Jika butuh convert dengan jumlah halaman yang banyak, seperti halnya yang saya lakukan untuk mementahkan buku terjemahan Tagore berjudul Yang Hidup dan Mati agar dapat diedit sebelum diterbitkan ulang mengingat soft file sudah entah di mana. Buku tersebut tidak langsung di-scan, melainkan difotokopi seluruhnya barulah di-scan.

Instalasi ABBY FineReader 12 Professional tidak terlalu sulit, hanya pastikan koneksi internet dan antivirus dimatikan terlebih dahulu. Gunakan keygen untuk menghapus versi trialnya. Jika prosesornya canggih, proses instalasi tidak akan lama.

Dan inilah tampilan halaman awal ABBY FineReader 12 Professional yang bernuansa Windows 8.

 Sekarang kita akan menguji salah satu file pdf hasil scan untuk diubah ke dalam bentuk text yang bisa diedit. Saya menyiapkan 1 sampel ujicoba “testfile”

Begitu dibuka, sistem pada ABBY FineReader 12 Professional akan dengan otomatis melakukan proses recognise, semacam scanning tanpa perlu perintah apa pun. Tunggu hingga selesai, ditandai dengan munculnya gambar serupa pada kotak sebelah kanan.

Sembari menunggu proses recognise, boleh banget membuka menu yang disediakan oleh ABBY FineReader 12 Professional. Salah satunya adalah Save. Ada beberapa pilihan. Exact copy (hasilnya akan sama dengan file asli); Editable copy (tampilan hasil akan seperti asli tapi bisa dimodifikasi); Formatted text (jika file yang di-convert terdapat kolom-kolom, maka itu akan hilang, sehingga hanya ada teks saja); Plain text (hasilnya lebih simpel dari Formatted text, tanpa kolom dan kotak-kotak); Flexible layout (ini gunakan untuk keperluas posting pada website dengan format file HTML).

Di sisi kiri tampilan hasil sementara convert file, ada juga task dalam bentuk ikon vertikal, klik sesuai keinginan. Jika ingin menampilkan gambar, klik gambar, jika ingin menghilangkan break page, klik ikonnya.

 Setelah prosee recognise selesai, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan hasilnya sesuai keinginan, saya pilih ke file Word document. Saya pilih Exact copy agar hasil convert sama dengan file asli. Untuk mempermudah, simpanlah di folder yang sama dengan file asli.

 Itu tadi ulasan mengenai aplikasi OCR untuk mengubah image PDF maupun photo ke dalam Word dengan distorsi yang amat minimal.

Jika ingin mengubah file PDF ke Word dari text asli berupa Word, cukup gunakan Expert PDF 7.

Jogja, 19 Oktober 2014

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response