About Elly (2009); Film Tentang Hilangnya Seorang Gadis

About Elly (2009); Film Tentang Hilangnya Seorang Gadis
About Elly (2009). Sumber gambar: IMDB

Jika ingin menonton film Iran yang modern, About Elly (berjudul asli Darbareye Elly) bisa menjadi pilhan. Disutradarai oleh Asghar Farhadi (Separation, The Past, The Salesman).

Ahmad dan beberapa sahabat semenjak kuliah, sepakat untuk menghabiskan tiga hari liburan jauh dari kota Tehran. Ahmad satu-satunya yang berstatus single. Ia pernah menikah dengan seorang perempuan Belanda namun kemudian berpisah. Namun sebenarnya ia senang juga karena Elly, ikut serta.

Elly adalah guru dari putri Amir. Maka istri Amir, Sepideh, mengajaknya ikut. Amir sebenarnya keberatan dengan kehadiran orang lain di antara mereka, tapi Sepideh meyakinkannya terus bahwa kehadiran Elly tidak lain sebagai ajang untuk perjodohan Ahmad.

Demi memperjuangkan perjodohan itu, Sepideh rela berbohong kepada semua orang jika vila tempat mereka menginap bisa disewa selama mereka di sana. Tapi yang ingin berlibur tidak hanya mereka. Vila itu hanya tersedia untuk satu malam. Amir bahkan tidak tahu tentang hal itu. Heran dengan sikap istrinya yang tidak terus terang.

Si pemilik vila kemudian menawarkan satu rumah kosong di pinggir pantai. Jangan bayangkan jika itu rumah bagus, bersih, terawat, dan nyaman. Sebaliknya. Rumah itu sepertinya sudah lama dibiarkan kosong. Mereka harus bekerja sama membersihkannya karena sebagian besar ingin tetap di sana meski bagaimanapun keadaannya.

Sementara Elly, tidak lebih dari seorang perempuan dengan banyak rahasia. Selalu terlihat gelisah. Ketiadaan sinyal telepon membuatnya tampak tidak tenang. Belum lagi teman-teman Ahmad yang meledeknya terus-menerus.

Satu hari terlewati, dan di hari kedua, Elly mengatakan ingin kembali ke kota. Tapi Sepideh tidak mengizinkannya. Bahkan ia menyembunyikan tas Elly jika memang nekat meninggalkan rombongan itu.

Masalah lalu datang. Ketika Sepideh pergi untuk berbelanja, Elly diminta tolong untuk menemani anak-anak. Lalu terjadilah tragedi. Salah satu anak main terlalu jauh ke dalam air dan terseret ombak. Tidak hanya itu, Elly pun raib.

Ashgar Farhadi mengolah konflik di antara 7 orang ini menjadi sangat panas. Mereka menyalahkan Sepideh yang bersikukuh mengajak Elly dan melarangnya pulang lebih dulu. Dan anehnya, Sepideh bahkan tidak tahu siapa nama lengkap Elly. Amir yang sedari awal kesal dengan istrinya, makin menjadi emosi ketika tahu bahwa semua yang dilakukan istrinya demi Ahmad. Agak cemburu juga karena semenjak dulu, keduanya memang dekat.

Dalam keadaan terpojok, akhirnya Sepideh pun mengungkap suatu fakta yang mengejutkan dan makin membuat runyam tentang Elly. Ada sesuatu yang diketahuinya tentang Elly dan berkaitan dengan sikap gelisahnya.

Trailer About Elly:

Jogja, 10 Mei 2015

Leave a Response