Ain’t Them Bodies Saints (2013); Film Tentang si Buron dan Istri yang Setia

Ain't Them Bodies Saints (2013); Film Tentang si Buron dan Istri yang Setia
Ain’t Them Bodies Saints (2013). Sumber gambar: IMDB

Ain’t Them Bodies Saints memenangkan kategori Cinematography Award dan Indian Paintbrush Producer’s Award di Sundance Film Festival 2013. Mempertemukan aktor peraih Oscar baru-baru ini, Casey Affleck (Manchester by the Sea) dengan Rooney Mara (Carol, The Girl with the Dragon Tattoo, Lion) di bawah penyutradaraan David Lowery (A Ghost Story, Empire Builder).

Berkisah tentang sepasang suami istri muda di Texas yang harus terpisah selama lebih dari 4 tahun setelah tindakan kriminal yang dilakukan Bob bersama saudaranya, Freddy. Baku tembak antara polisi dan geng Bob berakhir dengan kematian Freddy dan tertangkapnya Bob. Ruth yang tengah hamil muda, tidak bisa berbuat apa-apa ketika vonis hukuman penjara jatuh pada suaminya.

Dengan kebaikan ayah mertuanya, Ruth menjalani kehidupannya tanpa sang suami. Anaknya pun lahir tanpa pernah dilihat oleh Bob. Surat adalah alat komunikasi antara pasangan tersebut. Bob berjanji, di suatu saat nanti, dialah yang akan mengantarkan sendiri surat yang ditulisnya. Ruth menanti dengan sabar. Meski tidak jelas kapan suaminya bebas dari hukuman.

Di luar dugaan, Bob melarikan diri. Kerinduannya pada istri dan anaknya tak bisa dibendung lagi. Pakaiannya compang-camping tak keruan saat tiba di kampung halaman. Pertemuannya dengan Ruth hampir mustahil terjadi. Polisi dengan sigap menanyai Ruth dan orang-orang dekat Bob. Sampai surat-surat dari Ruth pun sempat dipinjam untuk mengendus seputar rencana kaburnya Bob. Ruth tidak pernah tahu bahwa suaminya akan berbuat nekat. Di satu sisi dia senang, tapi di sisi lain dia memikirkan nasib anaknya yang harus menghadapi situasi tak enak. Anaknya yang sebentar lagi berusia 4 tahun.

Patrick, seorang petugas polisi muda dan menyukai Ruth mulai mendekat tanpa malu-malu. Ada saja alasannya untuk datang dan menemui keduanya. Patrick tidak pernah tahu, bahwa orang yang menembaknya bukanlah Bob. Seandainya tahu, tentu saja ceritanya akan lain. Atau bisa jadi dia tetap bisa memaafkan.

Sementara waktu sampai timingnya tepat, Bob bersembunyi di rumah salah seorang kawan dekatnya pemilik sebuah bar. Sweetie adalah seorang pria baik dan melindungi Bob dari kejaran polisi. Saya menyukai adegan ketika keduanya bertemu, di mana Sweetie ini begitu tenang melihat keberadaan Bob. Berita kaburnya Bob sudah tersebar lewat berita-berita. Mukanya mudah dikenali.

Tinggal selangkah lagi langkah untuk bersatu dengan anak istrinya, tapi tiba-tiba beberapa cowboy tak dikenal mengejarnya, menembakinya membabi buta. Seseorang telah mengirim mereka untuk menghabisi Bob.

Pertemuan antara Rooney Mara dan Casey Affleck di satu layar membuat saya jadi memfavoritkan Ain’t Them Bodies Saints. Keduanya punya wajah yang sama-sama sendu. Peran-peran mereka pun sering kali jauh dari tokoh yang hidupnya happy. Sayangnya film ini sepertinya tidak begitu difavoritkan banyak orang melihat dari rating IMBD yang hanya 6,4.

Trailer Ain’t Them Bodies Saints:

Jogja, 6 Maret 2017

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response