Air Terjun Maribaya; Destinasi Wisata Alam Seru di Bandung

Air terjun Maribaya; Destinasi Wisata Alam Seru di Bandung
Air Terjun Maribaya. Sumber gambar: wikipedia.com

Air Terjun Maribaya hanyalah salah satu dari sekian banyak objek wisata yang terletak di kawasan Jawa Barat. Jika Anda ingin menikmati suasana alam tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam dan tidak membawa kendaraan pribadi, maka objek wisata yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Untuk mencapai ke lokasi, Anda bisa menumpang angkot yang mengantarkan Anda sampai ke depan gerbang. Pemandangan indah sepanjang perjalanan akan membuat Anda lupa bahwa sebenarnya lokasi Maribaya bisa dibilang jauh dari pusatkota.

Setelah sampai Air terjun Maribaya, Anda tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh untuk segera melihat objek wisata yang punya sejarah unik tersendiri ini. Konon, Maribaya merupakan anak perempuan dari Eyang Raksa Dinata, si pengelola pertama Air terjun Maribaya sejak tahun 1835. Meski memiliki kehidupan ekonomi yang pas-pasan, tapi Maribaya tetap menjadi incaran para lelaki yang tergila-gila dengan kecantikannya. Akibatnya, sering kali terjadi konflik untuk memenangkan hati sang pujaan hati. Tidak ada gambaran detail mengenai sosok Maribaya, tapi Anda bisa berimajinasi begitu melihat pemandangan alam yang dapat dikatakan mendekati sempurna.Adabaiknya Anda datang pada pagi hari. Selain dapat menghirup udara segar sepuasnya,

Anda juga dapat melihat matahari terbit dengan cahaya jingganya. Anda bisa berdiri di ketinggian tertentu untuk bisa memperoleh momen tersebut. Pada hari biasa, area Air terjun Maribaya tidak begitu ramai oleh pengunjung. Mungkin Anda akan bertemu dengan rombongan anak SD bersama para guru mereka. Suara riang mereka terdengar berbaur dengan derasnya air terjun yang sebenarnya tidak begitu tinggi.

Di sanaterdapat jembatan penghubung berupa tangga batu yang aman untuk Anda lalui. Area yang begitu luas dapat Anda jelajahi semuanya tanpa harus melewati jalan memutar yang jauh. Hijaunya rerumputan juga dapat Anda jadikan tempat untuk duduk. Anda sebenarnya juga bisa bersantai sejenak di pondok-pondok yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Dari sana, Anda bisa mengedarkan pandangan sejauh yang Anda inginkan. Adatrack yang disediakan untuk hiking jika Anda masih memiliki energi lebih untuk mendaki gunung. Jika tidak, Anda bisa memilih untuk mengisi perut dengan makanan ringan maupun berat yang dijajakan para pedagang. Rasanya kopi atau teh panas cocok sebagai penawar hawa dingin.

Secara keseluruhan, Air Terjun Maribaya memiliki panorama yang unik dibandingkan dengan objek wisata air terjun lainnya. Tapi, sayangnya kesadaran masyarakat maupun pengunjung akan kebersihan menjadi hal yang mengganggu. Begitu banyaknya sampah yang terkumpul di tepi air terjun dan membuat air menjadi berwarna kecokelatan. Andaikan pihak pengelola mampu menangani permasalahan tersebut, tentunya keelokan Air Terjun Maribaya menjadi sempurna. Buktikan sendiri!

Tulisan ini dimuat dalam buku Full Traveling Yuk! (DIVA Press, 2010) 

 

Leave a Response