Alat Bantu Berenang yang Bisa Digunakan Saat Berlatih

Alat Bantu Berenang yang Bisa Digunakan Saat Berlatih
Alat Bantu Berenang. Sumber gambar: bestproducts.com</>

Berikut ini adalah pembahasan seputar berenang dan beberapa alat bantu yang bisa digunakan untuk berlatih menguatkan tangan, kaki, napas, dan otot.

Buat sebagian orang, berenang di malam hari itu nggak banget deh. Sama kayak pendapat salah satu kawan yang saya screenshot di Whatsapp. Tapi buat saya, justru hanya di malam hari itulah saya bisa menyempatkan diri berenang sepulang ngantor dan penat dengan berbagai hal, meskipun hanya 1-1,5 jam, rasanya sudah lebih dari cukup.

Saya mulai membiasakan untuk lebih rajin, setidaknya seminggu tiga kali. Terlebih sejak tahu kalau teknik berenang saya salah. Efeknya salah teknik ini memang terasa ke energi yang rada mubazir. Lebih cepat capek dari yang seharusnya. Dan satu hal yang saya ketahui, terlalu banyak mengambil napas saat berenang itu justru tidak baik. Butuh koordinasi tubuh yang baik dan insting.

Beberapa channel di youtube cukup membantu saya mempelajari mana sebenarnya yang lebih efisien untuk dilakukan, salah satunya: SpeedoInternational, bahasannya lebih kepada teknik dasar, bagaimana melakukan gaya dengan benar, berenang dan menggunakan alat-alat bantu untuk membentuk berakan kaki dan tangan dengan baik. Dengan angle underwater, akan terlihat dengan jelas semuanya. Tinggal mempraktikkan saja.

Oh ya, penggunaan alat bantu berenang bagi pemula memang tidak wajib, tapi setidaknya beberapa item punya fungsi penting.

Misalnya:
1. Pelampung, bukan yang bentuknya jaket lho, tapi papan pipih dan ringan yang biasanya digunakan ketika belajar freestyle stroke. Papannya dipegang lalu kakinya mulai bergerak naik turun. Tujuannya selain melatih kaki, juga untuk melatih posisi tubuh.

2. Hand paddle, benda satu ini baru-baru saja saya tahu. Alat ini berguna untuk melatih posisi tangan saat melakukan freestyle stroke agar efisien dan bukan malah memukul air. Dengan memakai alat ini, tangan lebih seperti posisi dayung pada perahu.

3. Fins atau kaki katak. Ada kaki katak yang digunakan untuk menyelam atau snorkeling. Tapi bukan itu yang digunakan untuk berlatih berenang, tapi yang versi pendek. Ini berguna lagi-lagi saat berlatih gaya bebas. Dan juga saat berenang, sendi kedua kakilah yang berfungsi maksimal. Kalau masih berenang dengan memukulkan kaki ke air , berarti teknik Anda salah.

4. Pull buoy. Ini dikhususkan untuk dikempit di kaki. Ada yang meletakkannya di tengah-tengah kedua paha untuk berlatih gaya bebas. Atau di tengah-tengah pergelangan kaki untuk latihan butterfly stroke.

Harga alat-alat bantu berenangĀ ini untuk yang bermerek internasional semacam Speedo memang mahal, tapi tetap ada alternatif produk lain dengan kualitas yang tidak jauh.

Lanjut, ketika mulai mencoba, memang tidak langsung bisa meniru apa yang sudah saya tonton. Namanya juga mengubah kebiasaan lama, butuh banyak penyesuaian dan mengatasi panik. Makanya saya memilih di pinggir, kalau ada apa-apa tinggal pegangan. Atur napas sebentar, lalu ayo nyoba lagi. Ya emang bener kalau berenang itu olahraga yang menyenangkan, terlebih kalau bisa renang dan stamina menjadi lebih baik.

 

Jogja, 8 Februari 2014

Leave a Response