Anesthesia (2015); Film Tentang Kisah Orang Baik yang Bernasib Buruk

Anesthesia (2015); Film Tentang Kisah Orang Baik yang Bernasib Buruk
Anesthesia (2015). Sumber gambar: IMDB

Anesthesia terpilih sebagai Official Selection Tribeca Film Festival 2015. Rating di IMDB hanya 6.0/10. Apakah jelek? Film ini menyoroti beberapa kehidupan.

Satu-satunya alasan saya menonton film Anesthesia adalah nama Kristen Stewart. Cukup lama juga tidak melihatnya berakting setelah American Ultra. Beberapa judul lain ada juga Personal Shopper, Certain Women, Café Society, dan Billy Lynn’s Long Halftime Walk.

Anesthesia terpilih sebagai Official Selection Tribeca Film Festival 2015. Rating di IMDB hanya 6.0/10. Apakah jelek? Film ini menyoroti beberapa kehidupan tokohnya. Seorang profesor tua yang selalu perhatian pada mahasiswanya. Seorang pria yang sedang berbunga-bunga. Seorang perempuan yang merasa dirinya dikhianati. Seorang mahasiswa depresi dan menikmati rasa sakit di dalam dirinya. Drama yang bisa dibilang biasa-biasa saja.

Kristen Stewart masih dengan rambut panjangnya. Mungkin syutingnya sekitar tahun 2014 atau sekitarnya. Perannya kecil saja. Hanya seorang mahasiswi gelisah dan terus-menerus mendatangi profesor yang dikaguminya. Dia menceritakan bagaimana nikmatnya menyakiti diri sendiri dengan besi panas hingga berbekas di beberapa bagian tubuhnya. Kecerdasannya memang tidak diragukan, hanya saja seolah tak mampu berbaur dengan dunia. Sibuk dengan dirinya sendiri, sibuk dengan pemikiran-pemikirannya sendiri. Hanya sang profesor yang mampu memahami jalan pikirannya.

Peran besar di film ini justru ada di tangan sang profesor. Dialah tokoh benang merah dalam film ini. Jujur saja, di menit-menit pertama menonton Anesthesia, saya bingung dengan hubungan antara tokoh satu dengan lainnya. Mereka tidak pernah bertemu atau saling kenal. Tiba-tiba di suatu malam ada seorang lelaki yang minta tolong setelah ditusuk oleh orang tak dikenal. Kemudian flash back beberapa waktu hingga sedikit demi sedikit saya pun mampu merangkainya menjadi satu hubungan yang berkaitan satu sama lain.

Anesthesia mengingatkan saya dengan Berbagi Suami (Love for Share). Hanya saja, pada bagian ending saya berhasil merangkai patahan-patahan ceritanya menjadi utuh. Benar-benar di saat Siti mau melarikan diri dengan taksi.

Rating 6 versi user IMDB memang beralasan sih. Ini bukankah drama yang super keren. Apalagi jika dibandingkan dengan Still Alice yang membuat Julianne Moore mendapatkan Oscar pertamanya. Kristen Stewart butuh tantangan peran untuk film-film berikutnya jika ingin mendapatkan apresiasi tinggi dari para penggemarnya.

Trailer:

Jogja, 24 Juni 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response