Antique (2008); Film Tentang 4 Pemuda di Sebuah Toko Roti

Antique (2008); Film Tentang 4 Pemuda di Sebuah Toko Roti
Antique (2008). Sumber gambar: IMDB

Agak lama saya menunda nulis ulasan film ini berhubung… ya anggap saja ada kesibukan lain. Masih film Korea dengan tema LGBT di dalamnya. Antique (Sayangkoldong yangkwajajeom aentikeu) rilis di Korea pada bulan November 2008. Sudah cukup lawas, namun menjadi salah satu yang direkomendasikan bagi penyuka genre LGBT. Dibungkus dengan bumbu-bumbu komedi dan ekspresi imut ala Korea, film ini sontak mengingatkan saya akan Nina’s Heavenly Delights. Sama-sama bergelut di dunia kulineran.

Setelah nonton Antique, saya juga nonton Two Weddings and A Funeral, tapi kurang berminat menonton sampai selesai karena ceritanya cukup diringkas menjadi 1 kalimat: seorang gay yang menikahi seorang lesbian untuk pura-pura belaka. Sementara film yang saya bahas sekarang setidaknya lebih berbobot dan bikin lapar karena begitu banyak kue-kue yang tertangkap kamera. Settingnya saja di dalam sebuah toko kue. Pemiliknya bernama Kim Jin-hyeok. Seorang pemuda kurus berkumis tipis yang tidak suka makanan manis. Orang tuanya jelas heran, ngapain bikin usaha yang bukan sesuatu yang disukai? Kan idealnya selaras dengan passion. Demikian kata para motivator dunia.

Tapi niat itu sudah terlalu bulat dan dicarinyalah seorang chef terbaik untuk membuatkan kue-kue enak. Dia mengincar Min Seon-woo, yang tidak pernah betah bekerja lama di satu tempat. Alasannya apa coba, para lelaki terlalu mudah terperangkap pesonanya. Dia emang cantik sih. Min Seon-woo laki-laki ya, asal tahu saja. Sudah banyak lelaki yang tergila-gila padanya.

Mereka ini sebenarnya bukan baru kenal juga. Sewaktu SMA, Jin-hyeok pernah ditembak sama Seon-woo lalu dibalas dengan lemparan kue tart. Ada penyesalan yang terbawa hingga sekian tahun kemudian. Seon-woo baru ingat belakangan akan hal itu. Dan anehnya, pesona Seon-woo tidak mempan pada Jin-hyeok. Lah gimana, dia suka perempuan. Seon-woo belajar tentang pastry di negara Prancis. Pacarnya juga seorang chef yang melatihnya dengan keras hingga dari tangannya tercipta kue dengan cita rasa elegan.

Sepakat untuk kerja bareng, niat untuk membuka toko sudah di depan mata. Jin-hyeok yang bertugas mengerjakan selain urusan dapur, kesal karena lowongan karyawan tidak kunjung terisi. Masak iya pemilik toko yang bersih-bersih. Eh nggak lama, ketambahan seorang mantan petinju dan pemuda yang loyal abis sama Jin-hyeok bernama Soo-young.

Antique (2008); Film Tentang 4 Pemuda di Sebuah Toko Roti 2
Si mantan petinju. Sumber gambar: IMDB

Mereka berempat membuat toko roti Antique menjadi banyak pelanggan hingga cerita beralih pada masa lalu Jin-hyeok yang mengalami trauma akibat penculikan. Dia tidak banyak mengingat detail peristiwa itu, bahkan wajah si penculik. Benang merahnya ada pada kue. Mengapa si pemilik toko kue selalu muntah setelah makan kue.

Hubungan persahabatan Jin-hyeok dan Seon-woo menjadi semakin baik, ya tetap saja sebagaimana pun Seon-woo berusaha merayu, Jin-hyeok tetap ogah ama laki. Keakraban itu terdisraksi ketika si mantan pacar Seon-woo datang dari Prancis dan menawarkan jabatan dengan gaji besar di negaranya. Akhirnya, tiap orang memang harus memilih ya. Dan Jin-hyeok memakai berbagai cara untuk membuat Seon-woo tetap di tokonya, meski artinya dia bersedia tidur dengan sang chef berwajah cantik tersebut.

 

Jogja, 2 Agustus 2017

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response