ASUSPRO Essential P2430; Laptop Para Penulis Bermobilitas Tinggi

ASUSPRO Essential P2430. Pilihan tepat bagi para profesional dengan kebutuhan komputer jinjing berspesifikasi tinggi.

ASUSPRO Essential P2430; Laptop Para Penulis Bermobilitas Tinggi
Sumber gambar: asus.com/id

Saya seorang pengguna laptop Asus. Sebagian besar fungsinya saya gunakan untuk aktivitas menulis. Sisanya untuk menjelajah di dunia maya. Beberapa kali mengganti merek laptop, saya kemudian memilih keluaran Asus yang tampilannya sangat tipis dan ringan. Dari segi harga waktu itu, buat saya yang hanya seorang karyawan, tidak terlalu mahal. Menulis tidak hanya butuh sejumlah poin-poin untuk kemudian dirangkai menjadi sebuah artikel yang kelak akan dibaca orang lain. Menulis juga membutuhkan sarana pendukung yang memadai. Salah satunya laptop yang sehat dan terawat dengan baik. Bukan yang justru menyusahkan saat kita harus membawanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Saya pernah punya laptop dengan baterai yang sudah low-bat parah. Setiap dipakai harus sambil diisi ulang sementara power bank tidak tersedia untuk laptop. Terpaksa deh saya meneruskan tulisan saya dengan menulis di buku catatan di saat berpindah tempat dan tidak ada tempat untuk menyambungkan laptop ke stop kontak listrik.

Laptop saya termasuk keluaran netbook lawas. Direkomendasikan oleh si penjual begitu tahu saya bukan seorang gamer atau desainer. Saya butuh untuk mengetik. Waktu itu, pilihan saya memang tidak jatuh pada Asus seri ASUSPRO Essential P2430. Pilihan tepat bagi para profesional dengan kebutuhan komputer jinjing berspesifikasi tinggi. Sehebat apa sih memang ASUSPRO Essential P2430? Yang pertama kita lihat adalah kapasitas RAM. Jangan sampai dong kapasitasnya lebih kecil dari smartphone kita. Maka produk ini dilengkapi dengan RAM sebesar 16 GB. Buat saya yang berkutat dengan dunia tulis-menulis, ini sangatlah besar dari yang saya butuhkan. Untuk memasang software untuk mengetik naskah saja masih akan tersisa banyak sisa space. Tidak seperti laptop saya yang menemani saya sekarang, jika ingin memasang Office terbaru, versi sebelumnya harus dihapus terlebih dahulu tanpa meninggalkan jejak. Saya tidak perlu khawatir jika harus mengumpulkan data-data untuk kebutuhan artikel termasuk video unduhan dari Youtube yang bisa saja berkapasitas sampai 50 MB. Nah jika kendala itu sudah terselesaikan, saatnya menuliskannya. Hal kedua yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memiliki ASUSPRO Essential P2430 adalah prosesor. Konon, “otak”nya dilengkapi dengan Intel® Core™ i7 6500U Processor. Mau diisi dengan Windows 10 tidak perlu ragu apakah akan kompatibel atau tidak. Namanya juga sebagai gawai bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan mengutamakan sisi stylish. Jangan sampai disebut cupu karena tampilan di layar masih kuno.

Kapasitas penyimpanan data yang disediakan ASUSPRO Essential P2430 membuat saya iri setengah mati karena baru kali ini mendengar laptop yang menyediakan ruang penyimpanan hingga 1 TB. Wah, ini sih kalau sedang jenuh dan butuh mencari bahan tulisan, saya bisa lebih leluasa menambah koleksi film untuk saya ulas dan posting di minggu-minggu ke depan. Kebetulan, kemarin baru saja perhelatan Golden Globes dan banyak film yang harus banget saya tonton sebelum hari perhelatan Academy Awards. Mudah-mudahan, tidak malah membuat saya keenakan nonton dan lupa menulis ulasan seperti biasanya. Kapasitas raksasa ini juga membuat saya tidak perlu khawatir mem-back up file-file tulisan ke DVD atau eksternal hard disk saking takutnya tempat penyimpanan laptop saya tanpa terasa sudah penuh.

ASUSPRO Essential P2430; Laptop Para Penulis Bermobilitas Tinggi 2
Sumber gambar: asus.com/id

Itu hanya sedikit dari kelebihan di dalam tubuh ASUSPRO Essential P2430. Bagaimana dengan luarnya? Beberapa sumber termasuk dari situs resmi Asus Indonesia, menyebutkan bahwa bagi para pengguna USB, jika selama ini harus cabut-pasang karena port yang terbatas, laptop ini menyediakan 4 buah port USB 3.0, dengan kecepatan transfer jauh lebih unggul ketimbang USB 2.0.

Sebagai penutup, yang tidak kalah penting dari berbagai kelebihan ASUSPRO Essential P2430 adalah sistem pengamanan sehingga orang lain yang memegang laptop Anda tidak dengan mudahnya bisa mengacak-acak data-data, termasuk tulisan-tulisan yang telah dibuat. Bagi seorang penulis, tangan-tangan jahil adalah sebuah ancaman serius. Sebuah tulisan tentulah dihasilkan dari sebuah proses brainstorming ide yang panjang. Jangan sampai itu dikacaukan karena kita teledor membiarkan komputer bisa diakses dengan mudah. ASUSPRO Essential P2430 menyediakan 4 sistem pengamanan berlapis. Pertama, pemasangan password pada BIOS Booting. Kedua, password untuk mengakses hard disk drive (HDD). Ketiga, modul platform tepercaya alias TPM. Keempat, dengan pembacaan sidik jari seperti halnya teknologi yang juga kini naik daun pada produk-produk smartphone.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

logo_asus_isoi_intel-300x99

Jogja 11 Januari 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response