Bebek Galak Jogja Cuma Bayar 30 Ribu Rupiah Dijamin Kenyang

Bebek Galak Jogja terletak di salah satu pusat kuliner di kota ini, tepatnya Jalan Taman Siswa no. 52. Di sebelahnya terdapat sebuah kafe franchise tempat anak muda nongkrong, Chacha Milk Tea. Saya bahkan salah parkir di depan kafe, untungnya oleh tukang parkir dibiarkan saja.

Restoran Bebek Galak Jogja bangunannya sederhana, terbilang kecil dibandingkan sejumlah resto yang bertebaran di sepanjang Jalan Taman Siswa itu sendiri. Plangnya terlihat dari tepi jalan, pelan-pelan saja dan terletak di kanan jalan dari Jalan Kusumanegara.

Bebek Galak Jogja Cuma Bayar 30 Ribu Rupiah Dijamin Kenyang
Sumber gambar: TapakRantau

Saya sebenarnya bukan seorang penggemar bebek karena sedari kecil tidak pernah dibiasakan makan bebek. Namun teman saya memperkenalkan dengan bebek goreng Haji Slamet yang sangat terkenal dan ramai itu. Mulailah penasaran. Kalau diajak, tidak pernah menolak meski harganya lebih mahal dari ayam.

Bebek juga terkenal dengan aroma amis yang kuat, namun dengan cara masak yang benar, akan hilang dari penciuman. Bebek Galak Jogja juga menghidangkan menu bebek yang sudah diolah dengan sangat baik. Tekstur dagingnya—saya pesan bagian dada—seperti ayam kota. Berbeda dengan bebek Haji Slamet yang dagingnya minim, Bebek Galak Jogja mengejutkan saya dengan dada yang besar. Satu porsinya dibanderol 25.000. Itu sudah dilengkapi dengan 2 macam sambal rempah dengan tingkat pedas yang membuat saya mangap-mangap tapi tetap juga meneruskan makan. Di sana tersedia 2 jenis nasi, nasi putih seharga 3.000 dan nasi uduk seharga 5.000. Berhubung malam hari, saya memilih nasi putih untuk sumber karbohidratnya. Porsinya tidak begitu besar untuk menemani dada yang besar.

Bebek Galak Jogja Cuma Bayar 30 Ribu Rupiah Dijamin Kenyang
Sumber gambar: TapakRantau

Buat yang kebetulan hanya diajak teman dan tidak bisa nolak tapi tidak doyan bebek, jangan khawatir. Abaikan bebek goreng, kepala bebek (10.000), ceker bebek (5.000), bebek utuh (100.000). Pesan saja ayam kampung goreng (25.000), kepala ayam (8.000), ceker (4.000), ayam utuh (95.000), bacem lidah (17.000), oseng mercon (17.000), pepes bandeng (60.000), mendoan (3.000), tahu pong (5.000), sayur lombok ijo (4.000), sayur asem (4.000), rempela ati (5.000).

Untuk penawar dahaga, jika bosan dengan teh atau jeruk, di sana sedia kopi purwaceng (11.000), jahe urwaceng (20.000), atau jahe gepuk (10.000).

Bebek Galak Jogja Cuma Bayar 30 Ribu Rupiah Dijamin Kenyang
Sumber gambar: TapakRantau

Datang berdua atau rame-rame, tersedia meja-meja kayu untuk kapasitas 30 orang. Di bagian teras juga ada meja yang bisa membuat kita menikmati kendaraan yang lalu-lalang. Pada dinding-dinding bagian dalam terdapat lukisan-lukisan dan tulisan-tulisan untuk yang ingin mengabadikan momen berada di Bebek Galak Jogja.

Jangan kapok datang lagi. Tidak perlu menunggu lama menunggu menu pesanan dihidangkan. Catat dalam agenda jelajah kuliner Anda berikutnya.

Jogja, 9 Januari 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response