Bersepeda di Musim Hujan bagi Para Pekerja Kantoran

Bersepeda di musim hujan bukanlah sesuatu yang dilarang. Hanya saja, cukup berbeda dengan di saat bersepeda di musim panas. Perlu sejumlah persiapan khusus. Dan berikut ini bahasan selengkapnya.

 

Dua bulan belakangan ini saya mengusahakan sebisa mungkin ke kantor dengan naik sepeda. Jarak yang saya tempuh tidak sampai empat kilo, sekitar lima belas menit dengan rute yang mengharuskan saya melewati dua perempatan macet. Cukup datar sehingga namun cukup membuat tubuh berkeringat segar. Matahari belum terlalu panas sekitar pukul tujuh pagi. Berbeda cuacanya dengan pulang dari kantor. Musim hujan telah tiba. Awan tebal berkonspirasi turun sore hingga malam hari. Bahkan agenda latihan malam saya hampir selalu ditunda. Bukannya kenapa-kenapa, celana jin saya yang enak dipakai bersepeda tidak banyak. Maka jika memang hujan turun, saya akan langsung pulang dan memilih di rumah saja.

Bersepeda di Musim Hujan bagi Para Pekerja Kantoran
Sumber gambar: activelynorthwest.com

Punya olahraga kesenangan di luar ruangan, kendalanya pastilah cuaca. Kita tidak bisa mengendalikan cuaca. Di sisi lain, kita pun tidak perlu takluk pada cuaca. Cukup membawa perlengkapan yang dibutuhkan agar tidak sampai basah kuyup. Jas hujan adalah benda yang harus selalu siap di sepeda. Jas hujan saya adalah yang berbentuk baju dan celana panjang. Bahannya tipis sehingga kalau dilipat bisa cukup kecil. Memakai jas hujan tidak serta-merta membuat kita tidak basah sama sekali. Belum pernah saya mendapati jas hujan yang mampu menahan masuknya air dari sela-sela kecil. Jenis-jenis jas hujan memang beragam, tapi janganlah mengenakan jas hujan model kelelawar karena ujung-ujungnya berisiko menyelip ke ruji-ruji roda. Bisa juga mengenakan jas hujan yang hanya untuk tubuh bagian atas, jika Anda bersepeda tidak dengan busana kantor, alias bercelana pendek atau bercelana padding. Para pembalap Tour de France pun biasanya hanya melindungi tubuh bagian atas.

Strategi kedua bersepeda di musim hujan, utamanya ke tempat kerja adalah menyiapkan sepatu tahan air. Bahannya terbuat dari karet sehingga jika basah, tidak terlalu lama menunggu kering. Biasanya saya mengenakan sandal gunung. Tidak terlalu nyaman memang, tapi ketimbang memasrahkan sepatu kets basah dan keringnya berhari-hari kemudian. Usahakan tetap memakai kaus kaki. Jangan bilang kaus kaki Anda cuma ada sepasang.

Selanjutnya, pasang fender pada roda depan dan belakang. Saya sendiri melepas penahan cipratan air pada kedua ban sepeda. Ketimbang terkesan cukup dan mirip sepeda anak sekolahan, maka harus siaplah saya terkena cipratan dari depan dan belakang. Berani kotor itu baik. Itu pembelaan saya. Jika Anda tipe orang yang malas kotor, harga sepasang fender dan cara memasangnya murah dan mudah kok. Jika musim hujan telah berlalu, silakan dilepas.

Tidak kalah penting jika bersepeda di musim hujan, pastikan baterai lampu depan dan belakang Anda selalu terang benderang. Terlebih jika Anda pulang maghrib bahkan malam hari. Di hari biasa saja, keberadaan lampu sangat penting, apalagi dengan hujan yang turun dengan derasnya. Jika merasa lampu sepeda masih kurang, tambahkan dengan reflektor yang jenisnya bermacam-macam. Masih kurang? Kenakan jas hujan yang bisa menyala dalam gelap. Saya belum tahu apakah benda itu sudah ada di pasaran. Saya tidak menyarankan Anda mengubah tunggangan Anda menjadi sepeda hias dengan rangkaian lampu-lampu lengkap dengan speaker dan pemutar musik.

Masih ada saya kira yang perlu disiapkan jika nekat bersepeda di musim hujan, yaitu vitamin penjaga stamina dan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh. Di hari-hari biasa, asupan vitamin dan nutrisi tidak boleh diabaikan, apalagi jika hujan sering menyerang hari-hari Anda. Jangan biarkan tubuh Anda kedinginan setelah sampai di rumah. Segeralah mandi dan kenakan baju hangat. Secangkir teh atau cokelat hangat akan membuat tubuh merasa nyaman. Jika Anda pulang terlalu malam, jangan lupa untuk mencuci sepeda Anda keesokan harinya. Apa susahnya mencuci sepeda. Konon menurut Global Cycling Network yang selalu memposting video-video seputar bersepeda di Youtube, mencuci sepeda itu bahkan bisa cuma lima menit saja. Terlebih sepeda Anda tipe road bike dengan roda sistem lock. Jangan terlalu perhitungan dengan kebersihan sepeda sendiri. Air hujan bisa menyebabkan karat pada frame dan rantai, juga titik-titik yang tidak sedap dipandang mata. Sepeda adalah investasi kesehatan tubuh dan dompet Anda.

 

 

Jogja, 20 November 2016

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response