Bond; Kuartet Australia Pengusung Musik Klasik-Dance

Bond; Kuartet Australia Pengusung Musik Klasik-Dance
Sumber gambar: youtube.com

Bond adalah kuartet instrumental asal Australia. Dari melimpah ruahnya musisi yang memilih jalur pop untuk berkarier, saya bersyukur karena tidak sedikit yang tetap berpegang pada akar musik zaman dulu, mengemasnya dengan moderen tapi rasa Vivaldi, Beethoven, Chopin, Tchaikovsky, Mozart, Wagner, Bach untuk yang musik klasik yang kaya komposisi. Demikian pula yang menjadi penerus Ella Fitzgerald, Nina Simone, Frank Sinatra, Aretha Franklin untuk jazz dan soul yang terkadang penuh energi, terkadang menjadi relaksasi.

 

Maka untuk kali ini saya akan membahas beberapa musisi masa kini yang musik-musiknya kerap saya dengarkan belakangan ini yang memenuhi kriteria tadi.
Tidak terkait apa pun dengan James Bond 007. Grup asal Australia/Inggris ini tidak pernah memperdengarkan suara mereka di dapur rekaman, melainkan kemampuan bermain biola dan string, Empat cewek yang setiap tampil selalu anggun, memukai ketika memainkan komposisi musik yang beriringan dengan musik dari synthesizer beraroma Timur Tengah maupun Latin. Formasi terbaru mereka adalah Tania Davis (violin 1), Eos Chater violin 2, Elspeth Hanson (viola), Gay-Yee Westerhoff (cello). Campuran musik klasik dan dance membuat album Born (2000), Shine (2002), Classified (2004), Play (2011) sulit untuk diposisikan sebagai album klasik. Meski begitu, empat juta kopi penjualan album membuktikan bahwa mereka ini memang keren abis. Beberapa track favorit saya antara lain Quixote, Victory, Explosive, dan Shine.
Jogja, 2 Mei 2015

Leave a Response