Broken City (2013); Film Tentang Wali Kota dengan Kejahatan

Broken City (2013); Film Tentang Wali Kota dengan Kejahatan
Broken City (2013). Sumber gambar: IMDB

Broken City, genrenya politik-drama, bukan yang begitu gue sukai sebenernya tapi karena 1…2…3… bintang papan atas (Mark Wahlberg [Billy], Russell Crowe [Wali kota Hostetler], Catherine Zeta-Jones [Cathleen Hostetler]) maka ditonton juga. Ceritanya tentang Billy seorang detektif yang diminta sama Wali kota Hostetler untuk menyelidiki perselingkuhan sang istri, Cathleen. Bayarannya lumayan besar bagi Billy yang bekerja di sebuah biro jasa penyelidikan yang punya banyak utang.

Penyelidikan Billy ini rupanya membuka sebuah tabir kejahatan yang sebenarnya dilakukan sang wali kota. Perselingkuhan itu tidak pernah benar-benar ada, karena orang yang disangka menjadi pria idaman lain sang istri adalah seorang gay, pacarnya itu adalah orang yang tengah mencalonkan diri sebagai wali kota yang baru.

Tapi masalahnya, sang wali kota ini orang yang kuat, dan dia tahu rahasia Billy. Dia punya rekaman saat Billy menembak orang yang membuat Billy pernah diajukan ke meja hijau. Tapi Cathleen terus mendukung Billy untuk membuka kejahatan sang suami karena bisnis gelap yang sedang dijalankan pak wali kota itu berhubungan dengan kepentingan warga setempat.

Ya, seperti yang gue bilang tadi, film ini adalah politik. Kalau mau nyari adegan aksinya memang tidak akan sekaya film Olympus Has Fallen atau konflik yang setajam Argo. Tapi, gue sejak dulu memang suka dengan akting Wark Wahlberg, apa pun perannya, dia ini emang bisa nampilin karakter yang beda.

Ini bukan termasuk film yang gue rekomendasikan untuk ditonton.

Trailer Broken City:

My room, Yogyakarta, 24 Maret 2013 07.15 WIB

Leave a Response