Can’t Remember to Forget You; Video Kontroversial Shakira dan Rihanna

Can’t Remember to Forget You-baru dirilis perdana di Youtube 30 Januari 2014, tapi sudah ditonton 123 juta kali. Saya menonton sehari setelahnya dan saat itu sudah berhasil menembus belasan juta views.
Para fans Rihanna memang sudah menanti-nanti Cant Remember to Forget You. Sebelumnya, versi audionya sudah pernah saya dengar, tapi menurut saya sih biasa-biasa aja dengan menghadirkan reggae dan funk, plus pop-pock. Tapi, begitu nonton videonya, kok lagunya jadi bagus banget ya.
Video musik memang salah satu penunjang disukainya sebuah lagu. Ini adalah salah satu “doktrin” yang ditanamkan oleh Music Television (MTV) terhadap para penggemar musik dunia.
Kembali ke pembahasan Can’t Remember to Forget You, buat yang belum nonton, saya beri gambaran sedikit, di dalam video berdurasi 3.26 menit, dua penyanyi yang serbabeda (beda kampung halaman, warna rambut, warna kulit, genre musik, suara, dll), tampil hot dan sedikit mesum menurut orang-orang (termasuk saya). Saya tidak tahu pasti apakah video ini laris karena faktor tersebut atau memang karena lagunya keren.
Ada adegan yang sedikit menyerempet area dunia lesbian dalam video ini. Memang keduanya tidak sampai berciuman dan berbuat lebih jauh lagi, tapi gestur keduanya cukup mengarah ke sana. Ini yang satu sisi menjadi kontroversi dan mendapat kritikan pedas. Apalagi ketika mereka berbaring satu ranjang, dengan teknik pengambilan gambar yang cukup bikin penasaran dan deg-degan, dan swear, mereka tidak sampai berbuat macam-macam kok. Dan lagu ini tidak membahas soal percintaan sesama jenis. Cant Remember to Forget You berbicara tentang seorang cewek yang begitu mencintai pacarnya (laki-laki).
Can't Remember to Forget You; Video Kontroversial Shakira dan Rihanna
Sumber gambar: gotceleb.com
I go back again
Fall off the train
Land in his bed
Repeat yesterday’s mistakes
What I’m trying to say is not to forget
You see only the good, selective memoryThe way he makes me feel like
The way he makes me feel
I never seemed to act so stupid
Oh here we go
He a part of me now, he a part of me
Konsep video diserahkan kepada sutradara Joseph Kahn. Tidak ada model laki-laki di sini. Konsep yang ingin ditampilkan sang sutradara berdarah Asia tersebut adalah “berkebalikan”, atau bisa disebut “perbedaan” yang itu tidak menjadi masalah. Terlihat dari kostum yang dikenakan keduanya, Shakira memakai warna putih, Rihanna warna hitam, rambutnya Shakira pirang dan lurus, Rihanna hitam dam keriting,
Juga ada poin “kesamaan” antara keduanya yang tampak mencolok, kedunya tampak seksi, sama-sama memperlihatkan goyang pinggul yang bikin gigit jari, dan mereka sama-sama mengisap cerutu. Seksi tapi nggak murahan, itu poin yang tidak kalah pentingnya.
Video Can’t Remember to Forget You berhasil banget menjadi hits sementara artis-artis lain butuh berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mencetak rekor ditonton jutaan orang.
Jogja, 16 Februari 2014
Tags:

Leave a Response