Car Free Day Solo; Sejenak Tanpa Gangguan Asap kendaraan

Car Free Day Solo; Sejenak Tanpa Gangguan Asap kendaraan
Car Free Day Solo.

Car Free Day Solo. Kalau tidak salah dengar, dulu sih di Jogja pernah ada Car Free Day, tapi kok menghilang dengan sendirinya.

Oke, setelah mandi, sarapan, dan nonton TV sebentar, gue siap-siap berangkat. Ke mana? Ke mana aja deh. Nggak ada salahnya kalau nyoba Batik Trans Solo, ya semacam Trans Jogja,Trans Jakarta dan trans-trans lainnya. Dari artikel yang gue baca, BTS punya sistem agak berbeda dari kedua saudaranya. Apakah itu? Nanti saja ceritanya.

Sebagai warganegara yang baik (eh maksudnya turis yang baik alias takut nyasar), gue pun bertanya sama bagian resepsionis seputar BTS. Dan ups ternyata BTS barus beroperasi pukul 9 karena hari Minggu ada yang namanya Hari Bebas Mobil atau Car Free Day di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Ya sudahlah, daripada balik lagi ke kamar, mending gue ngeliat kayak apa sih suasana di sana. Dulu sih di Jogja pernah ada yang namanya Car Free Day Solo, tapi kok menghilang dengan sendirinya.

Sesampainya di Jalan Slamet Riyadi, yang gue lihat adalah manusia yang tumpah ruah. Ada yang jalan kaki, naik sepeda, naek sepatu roda, naik delman, skateboard, dan naik ke punggung bapaknya (anak kecil maksudnya). Ditambah lagi ada grup barongsai. Sayangnya pas gue mendekat eh udah selesai atraksinya. Tapi nggak apa-apa secara udah sering lihat di TV juga.

Gue pun menyusuri Jalan Slamet Riyadi yang ternyata menurut Wikipedia panjangnya sekitar 5 km (ya ampun pantesan!!) Daerah ini emang memuliakan pejalan kaki dan menghinakan kendaraan bermotor. terbukti ketika ada yang nekat masuk ke jalan, langsung ditegur petugas.

Cuaca sangat mendukung. Sekitar jam 8 pagi matahari belum panas (bedakan dengan Jogja yang ganas membakar). Berjalan kaki di tengah jalan adalah hal yang sangat menyenangkan. Yeah!

Ini super asyik!! Sesekali ada penjual makanan, tapi secara gue udah sarapan di hotel jadi nggak niat sarapan lagi. Gue bawa kamera, jadi bisa mengabadikan banyak hal. Kalau mau lihat komunitas pencinta anjing, datang aja ke sini. mau lihat band performing, ada di depan Taman Sriwedari, mau nyewa sepeda boleh. Mau jualan Maicih boleh, mau cari yang bening-bening juga ada.

Selamat menikmati Car Free Day Solo

 

Solo, 22 Januari 2012

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response