Carnage (2011); Film yang Menawarkan Kekuatan Konflik Berbalut Komedi

Carnage (2011); Film Menawarkan Kekuatan Konflik Berbalut Komedi
Carnage (2011). Sumber gambar: IMDB

Carnage garapan sutradara Roman Polanski yang lokasi syutingnya di kota Paris, semakin lama semakin mengikat rasa keingintahuan penonton, akan apa saja rahasia masing-masing pasangan ini.

Sebuah pemukulan yang dilakukan seorang anak terhadap teman bermainnya memunculkan konflik orang tua keduanya. Bertepatan dengan tanggal 11 Januari pukul 2.30 sore. Pasangan Nancy dan Alan mendatangi kediaman Michael dan Penelope untuk mengurus kejadian itu. Zachary adalah putra Nancy dan Alan. Ethan adalah putra dari Michael dan Penelope. Kedatangan Nancy dan Alan awalnya bertujuan baik, memberikan simpati terhadap Zachary. Sebatas itu, bukan untuk meminta maaf atau memastikan anak mereka datang dan mengakui kesalahannya. Film berdurasi ini bersetting hanya di dalam kediaman Michael.

Kedua belah pihak sama-sama saling menyalahkan. Sehingga nuansa emosionalnya semakin lama semakin meninggi. Tapi jangan khawatir,  Carnage garapan sutradara Roman Polanski yang lokasi syutingnya di kota Paris, semakin lama semakin mengikat rasa keingintahuan penonton, akan apa saja rahasia masing-masing pasangan ini. Nancy dan Alan sangat terlihat ketidakharmonisannya sejak pertama kali. Alan sibuk dengan kasus yang sedang dihadapinya. Nancy sudah muak dengan tidak adanya perhatian serius akan anak mereka.

Rupanya, Penelope dan Michael pun bukan pula pasangan kompak dan siap memperjuangkan anak mereka yang giginya rusak akibat kena pukul Zachary di taman bermain. Pasangan ini juga memendam api kemarahan yang tidak kalah besarnya. Selipan-selipan percakapan komedi membuat kita mendapatkan jeda dari sebuah ketegangan dari adu mulut empat orang dewasa yang berpegang pada nilai kebenaran menurut pendapatnya sendiri.

Akting dari para peraih Oscar, Jodie Foster (Elysium) dan Kate Winslet (The Dressmaker, Titanic, The Reader, Divergent, Heavenly Creatures) rasanya tidak perlu diragukan kekuatannya. Demikian pula Christoph Waltz dan John C. Reilly (The Lobster) yang berseberangan dengan istri-istri mereka. Pengenalan karakter dalam film Carnage dilakukan melalui dialog maupun gestur tubuh yang luwes. Tidak banyak dialog-dialog panjang namun saling bersahut-sahutan. Maklum saja, film Carnage dengan 2 nominasi Golden Globe ini adalah adaptasi naskah drama karya Yasmina Reza. Seharusnya proses pengambilan gambar dilakukan di Amerika, namun berhubung sang sutradara tertahan di Paris, maka untuk memunculkan nuansa Amerika, maka setting tempatnya disulap ala Amerika, disempurnakan pula dengan para aktor yang berbicara dengan logat Amerika.

Trailer Carnage:

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response