Catatankaki (de TEENS, 2013); Novel Perjalanan Cinta Lewat Instagram

Catatankaki (de TEENS, 2013); Novel Perjalanan Cinta Lewat Instagram
Catatankaki (de TEENS, 2013). Sumber gambar: divapress-online

Catatankaki adalah salah satu buku yang boleh disebut sebagai traveling novel. Dari cover yang dibuat sama Ruri Hefni ini, bisa ketahuan bahwa kita bakal diajak ke banyak kota di luar negeri, seperti Kuala Lumpur, London, New York, Hongkong, dan Dubai. Sebelum bicara soal isi, gue mau bahas sedikit soal cover yang menurut gue sih lucu dan cantik. Sangat khas teenlit meskipun gue pribadi tidak memasukkan ke dalam kategori buku remaja, mengingat usia Tania sudah 27 tahun. Ini mungkin bisa lebih tepat disebut novel metropop.

Di halaman depan sampul buku Catatankaki ada endorsement dari mantan artis cilik, Joshua Suherman yang mengatakan bahwa ini adalah novel yang sangat enak dibaca, bak red velvet. Bagi yang belum pernah makan cake itu, mungkin agak bingung ya sama maksudnya si Jojo .

Di sampul belakang ada endorsement dari seorang news anchor bernama Dita Faisal yang mengatakan: “Seru membayangkan asyiknya traveling antarnegara. Tapi apa itu cukup bikin kita bahagia?”

Cover Catatankaki disempurnakan dengan finishing doff dan spot UV yang cukup panjang mulai dari depan sampai belakang. Coba raba mulai dari gambar jalanan dari ujung ke ujung plus di bagian judul. Gue jarang melihat area spot UV yang sepanjang ini, atau ini yang pertama kali gue lihat. Lalu juga ada emboss pada bagian judul dan sub judul.

 

So, dengan cover istimewa seperti ini, apakah isinya juga?

Novel Catatankaki kolaborasi Endik Koeswoyo dan Sarah Karinda setebal 226 halaman ini dihadirkan juga dengan tata letak yang khusus dan realistis untuk tampilan media sosial dengan maksud menonjolkan percakapan-percakapan antartokoh. Yups, di sini terdapat banyak platform twitter, BBM, dan Instagram ala Bambang sebagai layouter. Memang, ada beberapa detail yang tidak seratus persen sama dengan aslinya.

Dari segi cerita, novel ini sebenarnya menghadirkan tema yang sangat sederhana, cinta di antara dua orang yang berbeda latar belakang. Yang satu seorang perempuan kantoran, sophaholic, dan traveler (bukan kelas backpacker, noted). Satunya lagi juga pencinta jalan-jalan yang hanya dalam negeri dan kelas backpacker, profesinya wartawan online.

Mereka dipertemukan oleh hashtag (#) catatankaki. Awal mereka bertemu adalah di Instagram (hlm. 46) ketika Tania Soebagjo memposting sebuah foto saat ia berada di Dubai. Nah dari situlah, keduanya mulai berinteraksi. Tania mulai penasaran dengan sosok Bhoemi Setiawan, yang di profil Instagram-nya hanya tertulis: Suka yang unik dan antik…. Di sisi lain, Bhoemi pun juga ingin tahu lebih banyak soal Tania. Kesan pertama, ia menganggap Tania adalah anak mami.

Mereka kemudian dekat, tapi ada percikan-percikan konflik di antara mereka dan pemicunya adalah Galang, mantan pacar si Tania. Tania memang belum bisa sepenuhnya move on sejak putus dari Galang, sementara Galang… tidak dijelaskan detail dalam buku ini karena dia hanyalah tokoh pembantu.

Roman dalam novel ini sesekali timbul tenggelam oleh perjalanan-perjalanan Tania dari satu negara ke negara lain. Ini juga tidak kalah asyiknya untuk diikuti. Demikian pula perjalanan Bhoemi ketika ke Pulau Buru. Perjalanan ke pulau di mana Pramoedya Ananta Toer diasingkan ini tidak singkat, bahkan butuh berjam-jam naik kapal. Tidak ada pesawat terbang yang landing tepat di pulau itu. Di Pulau Buru juga ada Danau Rana yang untuk mencapai ke sana aksesnya sangat sulit, dengan cara menumpang mobil perusahaan kayu atau helikopter (hlm. 182). Tempat ini rasanya memang cocok sebagai pelarian Bhoemi ketika ditimpa masalah dengan Tania dan membuat Tania merasa begitu bersalah.

Ya, itulah beberapa potongan alur dari novel yang dirilis oleh de TEENS pertengahan bulan April 2013 ini. Gue pastinya tidak akan menuliskan ending-nya karena itu bukan bagian yang terpenting. Buat gue, detail-detail dalam novel ini jauh lebih menarik. Banyak temptation yang membuat kita gemas bahkan sampai ingin traveling ke negara orang.

My room, Yogyakarta, 24 April 2013, 23:51 WIB

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response