Chennai Express (2013); Film Tentang Cinta yang Berbeda Bahasa

Chennai Express (2013); Film Tentang Cinta yang Berbeda Bahasa
Chennai Express (2013). Sumber gambar: moviepostershop.com

Chennai Express adalah film yang menggunakan 4 bahasa di dalamnya. Hindi, Tamil, Inggris, dan Marathi. Buat saya yang cuma tahu bahasa Inggris, tidak ngeh awalnya mengapa para penculik tidak memahami bahasa yang digunakan antara Meenamma dan Rahul. Rupanya, di sana memang ada sekitar 1635 bahasa lokal yang digunakan. Indonesia punya 746 bahasa. Antara satu bahasa lokal dengan bahasa lainnya memang sedikit banyak memiliki kesamaan, namun jika digunakan dalam kalimat panjang, akan terdengar asing. India memiliki 2 bahasa nasional, Hindi dan Inggris.

Meenamma (Deepika Padukone-xXx Return of Xander Cage, Bajirao Mastani, Piku) adalah seorang gadis yang sehari-hari menggunakan bahasa Tamil. Selain di India bagian selatan, bahasa ini juga digunakan di Sri Lanka dan menjadi bahasa resmi di Singapura. Jika sudah menonton film Lion di mana Saroo menggunakan bahasa Hindi sementara dia terbawa ke tempat orang-orang menggunakan bahasa Bengali. Itu semua menggambarkan betapa orang-orang India sendiri seringkali terkendali dengan bahasa.  Saya merasa bersyukur kita punya bahasa Indonesia demi memudahkan komunikasi antarsuku. Ya, kecuali daerah yang sangat terpencil dan jauh dari para pengajar.

Peta bahasa di India. Sumber gambar: mapsofindia.com

Rahul (Shah Rukh Khan-Dilwale, Veer-Zaara, Ra-One) datang dari bagian utara India, sehari-hari menggunakan bahasa Hindi yang identik dengan percampuran bahasa Inggris. Ya, tidak berbeda dengan orang-orang Indonesia yang semakin gemar menggabungkan dua bahasa beda rumpun dalam percakapan.

Tidak dijelaskan dalam cerita, mengapa Meenamma ini bisa menggunakan bahasa Hindi sementara di desa ayahnya semua menggunakan bahasa Tamil. Rahul kesulitan ketika harus berbicara dengan orang-orang di Desa Komban. Jadilah banyak menggunakan bahasa Isyarat. Yang menjadi lucu adalah ketika orang India terbiasa menggeleng-gelengkan kepala dalam konteks sepakat sekalipun, Rahul harus menganggukkan kepala untuk mengatakan iya.

Keduanya bertemu di Chennai Express. Sama-sama dalam pelarian. Rahul berniat ke Goa membawa serta sebagian abu dari kakeknya untuk ditaburkan di Rameshwaram, Meenamma berniat lari dari para penculiknya dan Rahul malah menolong para penculik itu. Dibalut dengan nuansa komedi, Rahul mati kutu ketika harus duduk bersama mereka. Jadilah dia memikirkan cara melarikan diri bersama Meenamma dengan bernyanyi dalam bahasa Hindi. Para penculik malah menyukai nyanyian itu.

Rahul urung melarikan diri dan ikut Meenamma dibawa kembali ke hadapan sang ayah. Pria yang rencananya akan dinikahkan dengan gadis tersebut pun datang. Tubuhnya tinggi besar, tidak segan memukuli musuhnya, dan ayah Meenamma merestui lelaki itu jadi menantunya.

Sumber gambar: IMDB

Di suatu malam, Rahul akhirnya berhasil membawa lari Meenamma. Namun mereka kehilangan mobil dan Rahul memutuskan untuk berpisah jalan. Apa mau dikata, dia tidak sanggup berjauhan dengan gadis pujaan hati. Mereka berdua pun melanjutkan perjalanan hingga tiba di suatu desa dan mengaku sebagai pasangan suami istri. Ada ritual suami-istri yang mereka lakukan sehingga Meenamma pun jadi baper dibuatnya. Sayangnya tidak ada adegan ranjang. Karena si gadis punya kebiasaan buruk saat tidur.

Rahul yang diceritakan sudah berusia 40 tahun, memang sedang tidak dalam posisi mencari jodoh. Wajarlah jika dia masih ingin melanjutkan senang-senang bersama kawan-kawan yang telah menunggunya di Goa. Rahul putus kontak karena ponselnya dibuang oleh penculik Meenamma di kereta. Ponsel Lumia keluaran baru. Iklan terselubung.

Rahul yang seorang cucu penjual manisan bukanlah seorang lawan yang imbang bagi Tangaballi. Dia dihajar habis-habisan oleh pria yang jauh lebih tinggi dan besar tubuhnya sampai babak belur.

Seberapa kuat keinginan kita untuk mempertahankan cinta? Dengan begitu banyak perbedaan yang rasanya menjadi penghalang. Perbedaan yang tidak hanya bahasa, tapi bisa agama, latar belakang, bibit-bebet-bobot. Tapi manusia perlu memikirkan bagaimana jika hidup tanpa cinta. Hidup penuh dengan ketakutan. Hidup penuh keinginan untuk menguasai orang lain.

Rahul menggambarkan sosok manusia yang akhirnya memahami senang-senang hanyalah sementara. Ada seseorang yang mengembalikan niatannya untuk berbuat curang, ke jalan yang benar. Meenamma adalah gadis desa yang sederhana, tapi hatinya tulus. Jika bukan karena Meenamma, permintaan terakhir kakeknya tidak akan dipenuhinya. Padahal, perjalanan ke Rameshwaram tidaklah jauh. Masih di India pula.

Lalu, haruskah Rahul menyia-nyiakan Meenamma?

Trailer Chennai Express (2013):

Jogja, 18 Februari 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response