Circumtance (2011); Film Tentang Hubungan Romantis Dua Gadis Iran

Circumtance (2011); Film Tentang Hubungan Romantis Dua Gadis Iran
Circumtance (2011). Sumber gambar: IMDB

Sangat penasaran menonton Circumtance sejak melihat trailernya yang mengambil setting di Iran ini. Di salah satu dialognya, seorang tokoh laki-laki berkata, “Karena aku shalat, maka aku tahu kalau aku bersih.“ Lalu juga diperlihatkan scene yang menunjukkan jika ini adalah salah satu film LGBT.

Dibuka dengan sebuah adegan seorang penyanyi wanita di sebuah tempat hiburan yang dilihat oleh seorang perempuan muda kemudian dikedipin genit gitu. Adegan lalu berpindah saat di sebuah sekolah, murid-murid perempuan berbaris lalu diabsen satu-satu, ini sekaligus perkenalan dua tokoh utamanya, Atafeh Hakimi (Nikohl Boosheri) dan Shireen Arshadi (Sarah Kazemy). Saat itu, Shireen memberikan burung kertas warna merah pada Atafeh yang berdiri di belakangnya.

Keduanya berasal dari dua latar belakang yang berbeda. Atafeh berasal dari keluarga mapan dan mengenal musik cukup baik, sementara Shireen dari keluarga biasa dan ia dirawat oleh sang paman. Atafeh memiliki seorang kakak, mantan pencandu narkoba bernama Mehran. Sosok ini terkesan sebagai tokoh yang misterius dan tidak banyak bicara. Ia tampak berubah, termasuk menjadi rajin shalat.

Atafeh dan Shireen digambarkan akrab satu sama lain, dan ternyata berujung pada rasa suka Shireen pada Atafeh. Chemistry di antara keduanya terasa di film ini, bagaimana keduanya inisama sama bandel, penyuka pesta, dan pergaulan bebas. Awal hubungan mesra mereka sayangnya tidak dihadirkan dengan dramatis. Ketika Shireen mengungkapkan perasaannya, Atafeh menjawab, “Aku sudah tahu.”

Keakraban keduanya tentu saja tidak terbuka di depan umum, secara Atafeh punya cowok. Dan cowok si Atafeh ini tampaknya juga suka dengan Shireen. Anehnya, Atafeh tidak cemburu melihat sang pacar “mesra” dengan sahabatnya sendiri.

Konflik dalam Circumtance kemudian melebar ke sosok Mehran, kakak Atafeh. Dia yang masih pengangguran pun menerima tawaran untuk memata-matai keluarganya sendiri. Keadaan politik negara itulah pemicunya, musuh-musuh politik benar-benar diawasi. CCTV pun ia pasang, semua aktivitas terlihat olehnya, termasuk adiknya yang lagi mesra-mesraan.

Gilanya, Mehran malah mengincar Shireen dan sampai melamarnya. Shireen tidak bisa berbuat banyak. Kelakuannya yang sering membuat malu keluarga, termasuk dubbing sebuah video politik bersama teman-temannya yang membuatnya ditangkap polisi. Atafeh tentu saja tidak terima ketika kakaknya sendiri mengambil pacar rahasianya. Hanya marah yang bisa dia lakukan. Marah pada Mehran dan Shireen. Tapi pada dasarnya Shireen hanya punya dua pilihan, dipenjara atau menikah dengan Mehran dan mengakhiri hubungannya dengan Atafeh.

Dengan permainan alur yang apik, saya terhipnotis untuk menontonfilm ini sampai selesai. Circumtance boleh dibilang punya misi untuk membela hak-hak LGBT melalui salah satu tokoh pembantu yang gay dan bagaimana posisi kaum LGBT di Iran yang belum seleluasa di negara-negara maju. Semua tindakan yang bertentangan akan dianggap sebagai perbuatan subversif.

Trailer Circumtance:

Yogyakarta, 12 April 2014

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response