Copy Paste Postingan Blog Apakah Perlu Meminta Izin Atau Tidak?

Copy Paste Postingan Blog Apakah Perlu Meminta Izin Atau Tidak
Copy Paste Postingan. Sumber gambar: pixabay.com

Copy paste dalam dunia penulisan bukan persoalan baru dalam dunia penulisan. Jujur saya pernah melakukannya ketika menulis buku. Tapi konteksnya, sudah berbeda media, dari artikel online ke naskah. Dan itu mengutip. Artinya, tidak satu artikel penuh saya copy lalu paste ke dalam naskah. Keterangan sumber ada pada daftar pustaka. Menurut orang-orang cara tersebut sudah memenuhi standar yang ada dan ketentuan toko buku yang satu itu tuh.

Sementara yang saya maksud adalah copy paste postingan blog untuk dipindahkan ke blog lain tanpa izin. Kenapa saya murka ketika menemukan fenomena itu terjadi pada saya sendiri, sebab menulis artikel butuh waktu. Blog saya ini pernah saya pasang protection, tapi saya jadi kesulitan ketika ingin share dan memasukkan satu paragraf. Saya buka, dengan niatan, okelah silakan dibaca, silakan di-share. Tapi tidak dengan memindahkan semuanya dong. Itu merusak trafik. Jujur, saya tahu sikap ini sangat antipati walaupun si pelakunya tidak berniat mengomersialkan. Tapi kenapa sih harus semuanya? Ada beberapa postingan yang saya dapati sudah nangkring di blog orang. Seingat saya, tidak pernah ada yang meminta izin untuk copy paste postingan tersebut. Okelah, mereka memang tidak mengakui postingan itu milik mereka, tapi kenapa mengontak saya dulu? Apa susahnya? Di blog saya ada alamat email yang bisa dihubungi. Itu alamat yang aktif, terhubung ke ponsel saya. Pasti akan saya respon kalau ada itikad baik.

Di media yang saya juga terlibat di dalamnya, basabasi.co, saya juga sering mendapati pingback dari blog tidak dikenal yang copy paste utuh. Media tersebut adalah media sastra, ada cerpen, puisi, esai, dan sebagainya. Sejauh ini, kami tidak mengambil tindakan apa pun, sebab media internet sangatlah bebas mau comot apa pun. Tapi akan sangat berbahaya jika itu disalahgunakan di suatu waktu kelak. Semoga apa yang saya takutkan tidak sampai terjadi.

Meminta izin menurut saya adalah langkah bagi orang-orang yang bertanggung jawab. Blog ini sudah ada penghasilan sendiri dari iklan, tidak dari artikelnya. Saya menulis review apa pun karena saya merasa perlu menuliskannya, meski hanya singkat dan padat. Jadi tolonglah, meminta izin dari si empunya blog adalah bentuk penghargaan yang fair kepada blogger. Untuk sementara, blog ini saya proteksi dulu deh ketimbang saya harus menghubungi admin blog yang tidak tahu aturan itu. Yah, semoga saja dia segera diberi hidayah.

 

Jogja, 28 Juni 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response