Dark Horse; Video Kontroversi ala Iluminati Katy Perry

Dark Horse sudah sangat sering saya dengar di radio anak muda. Dari musiknya terasa bernuansa dark, walaupun saya tidak merasa butuh untuk mencari tahu apa isi dari lagu ini. Cukup berbeda dengan lagu-lagu Katy Perry yang sudah pernah booming sebelumnya, Dark Horse ini menghadirkan nuansa hip-hop dan R&B yang kuat, dengan hadirnya Juicy J, seorang rapper kulit hitam.

Dark Horse; Video Kontroversi ala Iluminati Katy Perry
Sumber gambar: youtube.com

 

Saya lalu menjadi penasaran dengan video Dark Horse karena kontroversi SARA. Ada sebuah petisi yang berisi tuntutan untuk menghapus video Dark Horse dari Youtube. Sekarang, setahu saya videonya diedit sehingga bagian kontroversial pun sudah hilang.

Apa yang sebenarnya dihebohkan dan mengapa pihak Katy Perry akhirnya mengedit video Dark Horse yang sudah ditonton 38 juta kali dalam 1 minggu saja?

Di versi asli video yang memiliki konsep Cleopatra, di satu menit pertama, ada adegan seorang lelaki yang berusaha merayu si Katy tapi gagal lalu dia menjadi abu dengan kemampuan sihir Cleopatra. Si lelaki menggunakan kalung yang bertuliskan Allah dalam bahasa Arab.

Saya mengamati dengan secermat mungkin, berusaha menemukan di mana kalung itu. Tidak ada. Berulang kali saya tonton, tidak juga ketemu. Saya lalu menduga, apa ini strategi supaya video ini mendapat rating tinggi. Mungkin tidak, karena video sangat keren dengan warna-warna yang begitu cerah di mata, dan memang ada simbol-simbol yang kata orang seperti all seing eyes alias Horus, tapi bukankah memang mesir identik dengan itu?

Lalu saya membaca sebuah artikel di bbc.com yang menyebutkan, video tersebut sudah diedit atas permintaan  youtube. Ternyata benar apa yang diributkan dan ada foto perbandingan sebelum dan sesudah diedit. Tidak terlalu kelihatan karena kalung itu disorot sangat sebentar dan lumayan kecil ukurannya.

 

Yogyakarta, 27 Februari 2014

Leave a Response