Desert Hearts (1985); Film Tentang Kisah Cinta Profesor yang Patah Hati

Desert Hearts (1985); Film Tentang Kisah Cinta Profesor yang Patah Hati
Desert Hearts (1985). Sumber gambar: IMDB

Desert HeartsĀ bersetting akhir tahun 50-an dan rilis pada tahun 1985. Sebut saja karya klasik yang berhasil memenangkan Special Jury Prize Sundance Film Festival 1986 untuk sang sutradara, Donna Deitch. Sebuah film romance dengan setting sebuah ranch di Reno, Nevada. Mengisahkan seorang profesor yang sedang menenangkan dirinya dari perceraian yang sudah di depan mata.

Suasana asing dengan orang-orang yang hangat. Berbeda dengan kota besar yang individualis. Vivian Bell tinggal dengan seorang janda tua bernama Frances. Kedua anaknya sudah dewasa namun masih tinggal di dekatnya.

Mengurung diri di kamar tidak membuatnya lebih baik. Orang-orang merasa kasihan padanya, berusaha membuatnya ceria, termasuk Cay, putri Frances. Dia pun diajak naik kuda dan berkeliling desa, menghiburnya dengan menawarkan sebuah pertemanan.

Kultur yang masih belum menerima percintaan sesama jenis, membuat Frances mengusir Vivian yang dituding malah semakin menjerumuskan Cay yang usianya sepuluh tahun lebih muda. Vivian memilih untuk pergi tanpa mencoba menjelaskan kenyataannya pada Frances. Vivian tidak terbiasa berdebat, alasan itu yang ia berikan pada Cay yang mempertanyakan sikap lempengnya.

Desert Hearts merupakan film yang cukup sering direkomendasikan bagi yang ingin mencari referensi film lesbian dengan setting Amerika jadul. Tatanan rambut Cay saja masih belah samping dengan tatanan simpel. Badan kurus khas angkatan 50-an dengan baju dimasukkan ke celana yang sampai pinggang. Untuk tampilan Vivian, mengingat dia orang kota yang modern, tidak jauh berbeda dengan perempuan elegan Inggris masa kini.

TrailerĀ Desert Hearts:

 

Jogja, 24 Mei 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response