Fast & Furious 6 (2013); Pengejaran Mantan Pasukan Khusus

Fast & Furious 6 (2013); Pengejaran Mantan Pasukan Khusus
Fast & Furious 6 (2013). Sumber gambar: IMDB

24 Mei 2013 merupakan hari pemutaran Fast & Furious 6 di AS, tapi premiere sudah diputar 21 Mei lalu dengan dihadiri para pemainnya. Selang sehari setelahnya diputar di Empire XXI Jogja. Saya menantikan film ini dan gagal mendapatkan kursi di hari perdana pemutaran. Orang-orang tidak kalah excited seperti halnya saya untuk menyaksikan film yang identik dengan mobil mewah modifikasi ini dan aktor-aktor berototnya.Dari trailer saja sudah keren, ditambah lagi nih, ada satu aktor Indonesia yang ikutan adu akting di sini. Yup, Joe Taslim. Dalam film ini, Joe berperan sebagai anak buah Shaw, si penjahat yang hendak mengambil senjata mutakhir keluaran militer Inggris untuk diperjualbelikan.

Line up pemain dalam film ini hampir sama dengan seri sebelumnya, Vin Diesel (juga sebagai produser-Furious 7), Paul Walker, Sun Kang, Jordana Brewster (DEBS), Dwayne Johnson, dan Gal Gadot muncul lagi. Yang pasti berbeda tentu saja kendaraan-kendaraan mereka, karena di film sebelumnya biasanya dibiarkan rusak atau hancur.

Di film ini, saya berdecak kagum juga dengan kendaraan-kendaraan musuh Dom yang bukannya berlomba-lomba soal kemewahan, tetapi fungsinya. Misal mobil yang pertama kali dikendarai Shaw, bentuk moncongnya seperti pengungkit dan bisa menjungkirbalikkan mobil dengan mudahnya. Ada juga tank yang begitu tangguhnya dan bisa menggilas mobil dalam kecepatan tinggi. Oh ya kali ini untuk semakin menyemarakkan film, hadir juga pesawat terbang yang menjelang adegan terakhir, dihancurkan oleh gengnya si Dom. Keren banget di saat beberapa mobil berusaha menarik pesawat yang sudah hampir tinggal landas hingga akhirnya gagal terbang lalu terseret di landasan dan meledak.

Cerita di Fast & Furious 6 diawali dengan lahirnya putra dari Mia dan Brian. Mereka tinggal di Pulau Canary, Spanyol. Lalu ada peristiwa perampokan di Rusia di mana pihak interpol yang diwakili Luke Hobbs melakukan investigasi untuk melacak si pelaku utamanya. Dari seorang pelaku yang tertangkap, diketahuilah nama Shaw, dia seorang mantan pasukan khusus yang kemudian berusaha mengambil bom keluaran terbaru militer Inggris. Luke Hobbs kemudian tahu, siapa orang yang kira-kira bisa menangani hal ini, dia lalu mendatangi Dom. Dengan iming-iming akan memberikan petunjuk soal keberadaan Letty, pacar Dom yang dikira sudah tewas, Dom pun setuju. Ia kemudian mengumpulkan Brian dan teman-teman lainnya untuk mulai menyusun rencana.

Pengejaran terhadap Shaw berlangsung alot. Shaw punya teknologi yang tidak kalah canggih, maklum dia kan jebolan pasukan khusus. Anak-anak buahnya pun tidak main-main, selain pandai memakai senjata, bertarung dengan tangan kosong pun bisa, termasuk Jah (Joe Taslim).

Dan adegan-adegan seru pun ditampilkan silih berganti membuat penonton berdecak kagum. Film 007 terbaru aja kalah jauh dari ini. Tapi Justin Lin sebagai sutradara, tahu bahwa percintaan dan humor jangan sampai hilang. Toh saya ikut terenyuh juga ketika adegan Brian sedang bermain-main dengan putranya atau saat di bagian akhir, Letty balik sama Dom. Kalau untuk humornya, Tej dan Roman emang dapat tugas itu. Mereka berdua ini dengan tingkahnya yang sama-sama konyol bikin penonton ketawa.

Dan yang tidak kalah bikin saya puas dengan film ini adalah, adegan ketika sebuah mobil dengan sengaja menabrak mobil yang dikendalikan Han hingga terbalik lalu meledak. Turunlah seorang lelaki yang kemudian menelepon Dom. Dia Jason Statham. Yupz ada kemungkinan memang si aktor Transformer ini bergabung di Fast & Furious 7, kita tunggu aja deh.

 Trailer Fast & Furious 6:

My room, Yogyakarta, 24 Mei 2013, 00.14

Leave a Response