Federal Matic; Oli Sintetis Dengan Keunggulan 2x Lipat Produk Lainnya

Federal Matic; Oli Sintetis Dengan Keunggulan 2x Lipat Produk Lainnya
Federal Matic;, Pasangan untuk si Motor Matic. Sumber gambar: car–reviews.com

Liburan lebaran yang panjang di kampung halaman, sering kali membuat kita lalai untuk memastikan kondisi kendaraan yang ditinggal dalam waktu terbilang lama, baik-baik saja. Bisa jadi, selama di kampung halaman kita sangat jarang berkendara karena masyarakat sekitar lebih menyukai jalan kaki atau bersepeda onthel ketika bersilaturahmi ke rumah kerabat. Begitu kembali dari mudik lebaran, mesin kendaraan harus dipanaskan lebih lama dari biasanya. Mengengkolnya pun butuh kesabaran lebih. Bahkan tekanan ban jika dicek, pasti telah berkurang.

Awet atau tidaknya kendaraan pribadi kita tergantung pada bagaimana disiplin kita untuk rutin membawanya ke bengkel resmi untuk diservis dan ganti oli. Sebelum motor bertingkah macam-macam saat kita dalam perjalanan menuju tempat aktivitas atau kota lain, pastikan selalu mencatat kapan jadwal servis yang berikutnya. Jangan pula menunda-nunda penggantian oli karena menganggap itu tidak akan memberi dampak buruk di kemudian hari. Pastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima ketika digunakan.

Urusan perawatan kendaraan rasanya tidak melulu hanya perlu dipahami oleh kaum lelaki. Tidak ada salahnya kaum perempuan pun sedikit banyak tahu kapan tekanan ban harus ditambahkan, mengapa rantai menggericik saat dikendarai, apakah rem depan dan belakang masih berfungsi dengan baik, apakah mesin mengalami panas berlebih. Semakin cepat kita mengetahui ada yang tidak beres dan membawanya ke bengkel, maka itu adalah salah satu cara untuk menjaga keawetan kendaraan kita. Toh kita membeli kendaraan bukan untuk dipakai sebulan dua bulan, melainkan jangka panjang.

Di antara perkara gangguan yang terjadi pada kendaraan adalah panas berlebih yang terus-menerus terjadi di mesin. Kita tidak melihatnya secara kasatmata, tapi mesin akan “mengeluhkan”-nya hingga kita sadar betapa itu membahayakan.

Mesin selama digunakan tentu saja menyebabkan panas. Namun ada trik agar kondisi mesin panas bisa dengan cepat didinginkan oleh pelumas. Semua pelumas pada dasarnya berfungsi sama, tapi tunggu dulu, jika ada yang mampu menyulap mesin agar 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, 2x lebih bandel, kenapa tidak memilih yang satu itu? Mana produk yang bisa memacu kinerja kendaraan hingga 2x lipat.

Rupanya, inovasi itu datang produsen pelumas Federal Oil. Tidak hanya produk oli motor matic, Federal Oil juga memenuhi kebutuhan pelanggan pengguna motor racing. Ah, tapi itu kita bahas lain waktu saja. Berhubung tren motor matic sedang tinggi-tingginya, maka perlu kiranya untuk mulai beralih pada oli motor terbaik di kelasnya.

FEDERAL MATIC 30 dan FEDERAL MATIC 40 adalah oli sintetis paling tepat untuk tunggangan non-manual kita. Apa perbedaan dari keduanya? Nah, FEDERAL MATIC 30 digunakan khusus hanya untuk Honda Matic (125 cc–150 cc). Sementara FEDERAL MATIC 40 digunakan untuk Yamaha Matic (115 cc – 125 cc), Suzuki Matic (110 cc – 200 cc), Piaggio Matic (100 cc – 350 cc), TVS Matic (110 cc).

Federal Matic; Oli Sintetis Dengan Keunggulan 2x Lipat Produk Lainnya
FEDERAL MATIC 40.

Mesin yang memanas merupakan dampak dari terjadinya gesekan antarkomponen. Active Moly berfungsi untuk mencegah hal tersebut dan membuat mesin tetap dingin ketika digunakan. Sementara itu, Double ACT Cleaner berfungsi untuk membersihkan mesin dari berbagai kotoran sehingga risiko penurunan daya kerja mesin, menjadi berkurang. Tidak kalah pentingnya adalah molekul-molekul Viscoelastic yang berfungsi meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin.

Jangan lupa, idealnya penggantian oli motor adalah tiap 2000 km sehingga ketika performa oli mesin telah menurun, akan digantikan dengan yang baru untuk kembali melindungi mesin dari risiko panas.

 

 

Jogja, 1 Agustus 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

2 Comments

  1. wuih… oli federa punya 2x kualitas dibandingin oli merk lain? asyik dong ya
    pasti bakalan nyaman banget tuh motor kalo dipakein federal oil ^_^
    bagus artikelnya sist,

    salam blogger dan salam hoki

Leave a Response