Feud (2017-); Perseteruan Aktris Joan Crawford dan Bette Davis

in Serial TV by
Feud (2017-); Perseteruan Aktris Joan Crawford dan Bette Davis
Feud (2017-). Sumber gambar: IMDB.

Feud mendapat 4 nominasi Golden Globes 2018 untuk kategori Best Performance by an Actress in a Limited Series or a Motion Picture Made for Television (Jessica Lange dan Susan Sarandon), Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series or Motion Picture Made for Television (Alfred Molina), dan Best Television Limited Series or Motion Picture Made for Television.

Di kategori Limited Series or Motion Picture Made for Television, Feud berkompetisi dengan serial-serial TV favorit saya: Big Little Lies, Fargo, The Sinner, dan Top of the Lake: China Girl.

Perseteruan di antara selebriti bukan sesuatu yang aneh di telinga kita. Taylor Swift dan Katy Perry mengalaminya. Christina Aguilera dan Eminem pernah merasakannya. Ayu Tingting dan Luna Maya ya kurang lebih sama. Dan yang melegendaris di ranah film Hollywood adalah Joan Crawford dan Bette Davis di tahun 60-an, semakin memanas ketika keduanya bermain dalam satu film horor berjudul What Ever Happened to Baby Jane.

Jauh sebelum syuting untuk satu produksi film, keduanya memang terkenal dengan sikap yang saling sinis satu sama lain, tentu saja itu karena dalam dunia film keduanya sama-sama punya kemampuan akting yang sama bagusnya. Keduanya tidak asing dengan Oscar. Hingga keduanya mulai memasuki masa tua, dan usia adalah salah satu hambatan untuk mendulang popularitas, konflik keduanya terus saja memanas dan kolom gosip surat kabar makin mengipas-ngipas bara yang terus menyala di antara keduanya.

Musim pertama Feud terdiri dari 8 episode dan tiap episode selalu meraup rating tinggi. Hey, meski pemain utamanya sudah tua, dan awalnya saya pun tidak berminat mengikuti serial ini, tapi percayalah ketika mulai memahami jalan cerita dan bagaimana konflik keduanya tidak hanya kebencian tak berujung, akan penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

Setelah sukses dengan Nip/Tuck, Glee, dan American Horror Story, Ryan Murphy bersama Jaffe Cohen dan Michael Zam menciptakan serial baru dengan yang kali ini bukan rekayasa belaka. Ryan Murphy pernah mewawancarai Bette Davis pada tahun 1989 mengenai sosok Joan Crawford. Oh ya, dia bukanlah ibu dari model Cindy Crawford. Dari wawancara dan juga data-data yang ada kemudian dibuatlah Feud dengan memasang para aktris peraih Oscar: Jessica Lange sebagai Joan Crawford, Susan Sarandon sebagai Bette Davis, dan Catherine Zeta-Jones sebagai sahabat Bette Davis dan juga aktris Olivia de Havilland. Selain ada juga Judy Davis sebagai kolumnis gosip Hedda Hopper, Jackie Hoffman sebagai asisten pribadi Joan yang dipanggil Mamacita, Alfred Molina sebagai sutradara film Robert Aldrich yang terjebak di tengah-tengah konflik dua perempuan, Stanley Tucci memerankan produser Jack Warner dari Warner Brothers, Alison Wright sebagai Pauline Jameson asiten Aldrich yang berambisi menjadi sutradara film, Kathy Bates sebagai Joan Blondell, dan Sarah Paulson muncul di episode 5 memerankan Geraldine Page.

Selain melihat permusuhan keduanya, Feud juga menguak tentang ketergantungan alkohol Joan Davis, yang membuat profesionalitasnya dipertanyakan. Setelah kematian sang suami, dia berusaha menghibur diri dengan alkohol. Rasa kesepian membuatnya harus melakukan itu, selain utang-utang suaminya membebani pikirannya. Dia menolak naskah skenario yang ditawarkan oleh agennya dan malah mengajukan sebuah novel horor untuk difilmkan dan sekaligus mengajukan nama Bette Davis yang sedang menikmati masa-masa bermain di Braodway.

Diajak kembali ke Hollywood oleh sang rival tidak membuat Bette bersikap manis kepada Joan. Pada dasarnya mereka berdua memang tidak bisa cocok sih ya. Bette bahkan mendapatkan posisi pemeran utama, mendapatkan bayaran lebih tinggi dari Joan. Ketidakpuasan itu, ditambah sutradara yang tidak melulu berpihak kepadanya, makin menumbuhkan rasa ketidaksukaan. Hingga proses syuting selesai dan film itu mendulang sukses, Joan seolah tidak peduli. Tapi mendekati pengumuman nominasi Oscar, kegelisahannya muncul. Akankah dia mendapat nominasi lagi dan menambah jumlah koleksinya? Atau itu jatuh ke tangan Bette Davis?

Trailer:

Jogja, 25 Desember 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Serial TV

Partners Section:

best thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appfree iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8
error: All contents protected, please contact email below to copy
Go to Top

Powered by themekiller.com sewamobilbus.com caratercepat.com bemp3r.co