Flight (2012); Film Tentang Pilot yang Kecanduan Narkotik

Flight (2012); Film Tentang Pilot yang Kecanduan Narkotik
Flight (2012). Sumber gambar: IMDB

Flight bukan film pertama tentang tragedi kecelakaan yang udah pernah gue tonton, tapi yang pertama membuat gue mikir, selain karena memang kerusakan mesin pesawat, bisa aja kan karena emang pilot mabuk (karena minuman beralkohol maksud gue).

Ya, Denzel Washington alias Kapten Whip Whitaker dalam film ini berperan sebagai pilot yang udah kecanduan kokain dan alkohol. Di suatu pagi dia bertugas untuk mengawal sebuah penerbangan, yang kurang dari sejam perjalanan udara bersama seorang co-pilot. Pesawat berangkat dalam kondisi cuaca buruk. Mendebarkan banget memang ketika yang terlihat di depan itu hanya awan tebal, hujan, dan terpaan angin kencang. Tapi, Kapten Whip berhasil membawa pesawat naik ke ketinggian 9000 meter dan melihat matahari yang begitu cerah. Hah lega. Semua penumpang pun bisa lega juga.

Kapten Whip kemudian bisa lebih santai dan dia minum dua botol vodka lalu tidur di kursinya. Nah baru setengah perjalanan, tiba-tiba kendali di tangan co-pilot hilang. Pesawat tiba-tiba menukik tajam dan membangunkan Kapten Whip. Sebagai pilot, dia harus terlihat tenang karena semua orang panik bukan main. Rupanya di pesawat ada kerusakan dan sangat fatal sehingga Kapten Whip sampai memerintahkan untuk membuang bahan bakar sampai harus memutar pesawat 180 derajat. Oke, pas bagian ini emang kelihatan impossible tapi itu dianggap sebagai solusi terbaik hingga akhirnya pesawat kembali ke posisi awal untuk hard-landed (mendarat keras) di sebuah lapangan dekat gereja. Dari 102 orang yang ada di sana 4 penumpang dan 2 pramugari tewas. Yah, ini memang semacam keajaiban karena kalau di kejadian nyata pasti berbeda.

Kapten Whip dirawat di rumah sakit. Ia mendapat luka cukup parah tapi tidak sampai separah si co-pilot. Kejadian nahas itu pun dibahas di media. Kapten Whip dianggap sebagai pahlawan dan dipuji dengan tindakan heroiknya, sebelum akhirnya pihak penyelidik kecelakaan penerbangan NTSB melakukan tes toksikologi dan mendapat hasil ada kandungan alkohol dalam darah Kapten Whip yang di atas batas toleran.

Oke, Flight film yang cukup berat memang dan religius. Orang-orang di sekitar Kapten Whip adalah umat Kristen yang taat. Mereka yang beranggapan bahwa semua hal yang terjadi di dunia ini adalah takdir Tuhan, termasuk kecelakaan itu, hingga pengacara Whip berusaha meyakinkan publik bahwa sang kapten tidak bersalah.

Over all, Flight film yang recommended deh buat macu adrenalin yang nonton.

Trailer Flight:

My room, Jogja, 23 Februari 2013 09.04 AM

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response