Gerhana Kembar (Gramedia, 2007); Novel Tentang Lesbian yang Muram

Gerhana Kembar (Gramedia, 2007); Novel Tentang Lesbian yang Muram
Gerhana Kembar (Gramedia, 2007)

Gerhana Kembar (Gramedia, 2007) adalah sebuah novel romance karya Clara Ng yang mengangkat isu tentang lesbianisme yang menjadi sebuah misteri.

Menjelang hari pernikahan dengan Philip, Lendy merasa didera banyak masalah hingga membuatnya ingin mengundur perhelatan yang telah dipersiapkan kedua pihak keluarga.

Ada sesuatu yang benar-benar membebani pikirannya. Lebih dari sekedar kecemasan akan kondisi sang oma yang semakin parah, tetapi itu dirasakan setelah Lendy menemukan sebuah naskah tua dalam lemari pakaian sang oma. Itu tidak seperti naskah fiksi yang biasa dia hadapi sehari-hari sebagai editor di sebuah penerbitan, melainkan nyaris berupa otobiografi kisah cinta Diana, sang oma, di masa muda. Kisah cinta yang begitu dalam pada Henrietta berujung dengan pengorbanan yang amat menyakitkan keduanya.

Dari naskah itu, Lendy mengetahui begitu banyak rahasia yang terpendam selama puluhan tahun, termasuk asal-usulnya yang tidak diinginkan sang ayah. Lendy perlahan-lahan mencoba menerima begitu banyak kenyataan pahit dan menganggapnya sebagai sebuah memori yang tidak mungkin dapat terhapuskan. Lendy pun menyadari betapa Eliza amat mencintai dirinya melebihi siapa pun. Melebihi Diana maupun Philip. Kebenciannya perlahan-lahan menguap. Tidak hanya itu. Lendy ingin memberikan hadiah terindah untuk Diana menjelang akhir hayatnya. Demi hal itu dia rela menempuh sebuah perjalanan panjang dan mengharukan hingga Henri dengan sukarela meninggalkan Paris untuk mengikuti Lendy kembali ke tanah air.

Leave a Response