Hal-Hal Sederhana yang Harus OK Sebelum Jogging

Kesibukan adalah alasan paling lazim dipakai orang jika ditanya mengapa tidak berolahraga secara rutin. Seolah setiap hari benar-benar sulit menemukan waktu luang meski hanya 30 menit, padahal untuk hal-hal remeh lainnya pasti bisa menyempatkan diri. Semisal nongkrong di kafe, membaca status BBM teman, atau melamun.

 

Hal-Hal Sederhana yang Harus OK Sebelum Jogging
Sumber gambar: popsugar.com

Selagi masih muda, tubuh memang sulit terserang penyakit sehingga menjaga kesehatan masih menjadi prioritas nomor belakang, sementara yang enak-enak selalu dikonsumsi terus-menerus. Jika sudah terbaring di tempat tidur, baru deh memikirkan niatan untuk banyak gerak dan berkeringat.

Siapa pun pasti punya kesibukan. Tapi, tubuh juga punya kebutuhan dasar yang perlu diperhatikan. Tanpa berolahraga yang rutin, aliran darah, napas, bahkan otak tidak akan bekerja maksimal. Dengan berolahraga, otak akan mendapatkan supply oksigen lebih banyak ketimbang sehari semalam hanya duduk saja. Orang yang berolahraga pun akan terlihat lebih energik dan segar, tanpa perlu mengonsumsi macam-macam multivitamin. Hanya dengan makanan sehat pun sudah cukup.

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan sekitar 30-60 menit. Jogging dalah salah satunya. Ya, lari-lari kecil merupakan olahraga paling simpel, bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Jika seharian sibuk dengan pekerjaan, jogging bisa kok dilakukan di malam hari. Tapi harus hati-hati memilih rute. Jalanan yang ramai tentu akan mengganggu keasyikan berjogging.

Sebelum jogging, pastikan running shoes dalam kondisi baik, sol yang tebal, sebab berguna untuk mencegah cidera pada bagian kaki saat berlari. Siapkan pula pakaian berbahan kaus dan tidak begitu tebal, kecuali memang akan jogging di hawa dingin. Memakai pakaian terlalu tebal membuat tubuh merasa sesak dan juga berat. Jika ingin sembari mendengarkan musik, bawalah ponsel lengkap dengan headset. Saat ini sudah banyak dijual handband untuk meletakkan ponsel, silakan pilih sesuai tipe ponsel masing-masing.

Hal-Hal Sederhana yang Harus OK Sebelum Jogging
Sumber gambar: todaysparent

Para dokter menyarankan agar tidak makan sebelum berjogging. Maksimal 1 jam sebelum jogging. Ini pun berlaku untuk olahraga lainnya. Biarkan usus selesai memproses makanan barulah mulai berolahraga. Demikian pula setelah berolahraga, tidak disarankan langsung makan. Tidak disarankan pula tidak makan.

Lakukan pemanasan terutama untuk daerah kaki yang akan bekerja paling keras ketika jogging. Pemanasan akan mencegah terjadinya kram kaki. Biasakan pula menagambil napas dengan perut (diafragma). Menurut para ahli, pernapasan jenis ini mampu mengambil lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

Masih sebelum mulai jogging, tentukan target waktu dan jarak. Untuk yang sudah lama tidak jogging, sebaiknya tidak langsung memulai dengan berlari. Jalan kaki seperti biasa terlebih dahulu, baru sekitar 15 menit kemudian mulai berlari pelan. Jangan memaksakan terus berlari. Jika lelah, kembalilah berjalan seperti biasa. Jogging 30 menit seminggu 3 kali tentunya tidak akan terlalu memberatkan. Ajakla teman agar kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan.

 

Jogja, 4 November 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response