Heavenly Creatures (1994); Film Tentang Dua Anak Psiko yang Saling Cinta

Heavenly Creatures (1994); Film Tentang Dua Anak Psiko yang Saling Cinta
Heavenly Creatures (1994). Sumber gambar: IMDB

Heavenly Creatures. Madness, heaven, sin, tiga kata ini rasanya paling tepat untuk merangkum inti cerita dari Heavenly Creatures. Madness ditampilkan secara gamblang melalui tokoh Pauline Parker seorang pelajar remaja di New Zealand semenjak ia mengenal sosok Juliet Hulme yang datang dari lnggris. Mereka menjadi “klik” begitu menuliskan sebuah novel bersetting klasik. Apa yang ada di dalam pikiran keduanya adalah sebuah gambaran dunia keempat, surga rekaan mereka sendiri. Their own heaven.

Kedekatan keduanya cukup masuk akal karena penulisan novel itu. Tapi rupanya, mereka pun terlibat dalam sebuah hubungan yang intim, yang di tahun 1950-an masih dianggap sebagai gangguan psikiatris.
Juliet dan Pauline benar-benar sulit dipisahkan. Cerita yang mereka buat terus berlanjut dan mempengaruhi kehidupan di dunia nyata. Orang-orang yang mereka benci pun masuk ke dalam dunia fiktif mereka. Orang tua keduanya tentu saja mencemaskan perilaku anak masing-masing. Mereka berusaha untuk memisahkan keduanya namun tidak mudah.
Lama-kelamaan, Pauline merasa terusik dengan campur tangan orang-orang di sekitarnya, Juliet pun demikian. Mereka lalu memikirkan cara untuk pergi, mereka ingin ke Hollywood untuk menerbitkan novel mereka. Rencana mereka tidak berhasil karena justru orang tua Juliet ingin mengirimkan Juliet ke Afrika Selatan dengan dalih pemulihan dari sakit TBC.
Heavenly Creatures diangkat dari sebuah kisah nyata dan berakhir tragis. Keduanya masuk penjara dan menjalani hukuman selama sekian tahun sebagai pertanggungjawaban mereka setelah menghilangkan nyawa manusia. Sosok Pauline yang berambut hitam keriting dibintangi oleh Melanie Lynskey (The Intervention, The L Word, The Perks of Being a Wallflower, Up in the Air, Itty Bitty Titty Committee) sementara si Juliet yang beraksen Inggris dihidupkan oleh Kate Winslet (Titanic, Divergent, The Reader, The Dressmaker, Carnage,).

Trailer Heavenly Creatures:

Jogja, 3 Januari 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response