Her Story (2015-); Web Series Chemistry si Penulis Lesbian dan si Waria 

Her Story (2015-); Web Series Chemistry si Penulis Lesbian dan si Waria 
Her Story (2015-). Sumber gambar: IMDB.

Ini web series yang saya suka banget sama plot ceritanya. Bayangin, dalam durasi 8 menit, drama pendek terdiri dari 6 episode ini terasa begitu padat dengan konflik-konflik seputar dunia trans… gender atau seksual ya? Tidak begitu penting. Korea Utara udah berani nantangin Amerika perang dan kamu masih sibuk membedakan transgender dan transeksual? Maka wajar jika Her Story masuk dalam nominasi Emmy kategori Outstanding Short Form Comedy or Drama Series.

Dibintangi oleh sejumlah aktor antara lain Jen Richards (Violet), Laura Zak (Allie), Angelica Ross (Paige), Christian Ochoa (James), Fawzia Mirza (Kat), Caroline Whitney Smith (Lisa), Josh Wingate (Mark). Jangan khawatir akan kebingungan mengingat tokoh-tokohnya, karena kamu pasti akan dengan mudah mengingat wajah-wajahnya. Beda kalau kamu nonton web series Different for Girls, bakal kalang kabut sama tokohnya yang hampir mirip-mirip mukanya.

Apa konflik yang ada di Her Story? Pertama adalah isu transeksual yang ada di sekitar kehidupan Allie. Dia ini seorang penulis lesbian dari media Gay LA. Sebagai objek rujukan tulisannya kelak, dia pun memperkenalkan diri pada Violet yang bekerja di salah satu kafe. Violet bukan tipe waria yang centil kepada setiap pelanggan laki-laki. Dia sangat ramah dan membuat uang tipnya tidak sedikit. Kepribadian itu menarik perhatian Allie yang sedang hang out sama Lisa. Lisa ini tipe lesbian feminis yang beranggapan bahwa waria tetaplah pria. Mereka tidak bisa disamakan dengan perempuan tulen meski tomboi. Pokoknya mulutnya tajam kalau sama laki-laki jenis apa pun.

Konflik kedua adalah tentang Violet yang selama ini dihidupi oleh seorang laki-laki bernama Mark. Hubungan mereka agak dingin belakangan tapi ya tetap saja mereka tinggal satu atap. Jangan heran kenapa Violet punya hunian yang terbilang mewah. Menjadi simpanan adalah jaminan hidup.

Konflik ketiga adalah Paige, kawan Violet yang sedang menangani kasus-kasus transgender yang menghadapi masalah di luar sana. Bukan sesuatu yang mudah untuk diselesaikan. Paige menyembunyikan identitasnya sebagai waria kepada orang banyak. Dalam kehidupan nyata, Angelica Ross juga seorang pengacara sukses. Paige juga berkenalan dengan seorang pria keturunan Meksiko yang boleh jadi akan meninggalkannya jika tahu dia yang sebenarnya.

Ketiga konflik itu bergulir bergantian. Chemistry antara Allie dan Violet terbangun dengan baik sedari awal. Memang terkesan aneh ketika keduanya seperti memiliki bibit saling suka dan mengagumi satu sama lain begitu pertemuan kesekian. Ini yang kemudian dipermasalahkan oleh Lisa. Dia dengan sinis mencemooh kedekatan sahabatnya dengan seorang waria, seolah itu adalah sesuatu yang melanggar hukum. Tapi Allie tak mau ambil pusing. Dia merasa seperti menemukan soulmate yang sedemikian memahaminya. Paige pun dibuat cemas dengan kedekatan Violet. Takut jika Violet menceritakan sesuatu yang seharusnya disimpan rapat-rapat. Violet adalah pendatang baru yang seharusnya tidak membuat kekacauan.

Kedekatan keduanya juga membuat Mark marah. Padahal, jelas-jelas Allie adalah seorang perempuan. Sedari awal, Mark tidak mau Violet sampai berkontak dengan seorang penulis di media LGBT. Kemarahan itu pun memuncak dengan kekerasan. Allie pun akhirnya semakin tahu banyak tentang hidup pahitnya Violet, semakin sayanglah dia. Semakin gemaslah saya dengan dua orang ini.

Kehidupan para waria memang serbasalah. Mendapatkan penerimaan dari publik tidaklah semudah penerimaan terhadap kaum gay atau lesbian. Mereka menjadi korban kekerasan dan target pembunuhan. Di tahun 2017, tercatat 17 waria di Amerika Serikat ditemukan tewas. Itu belum di benua lainnya. Di tahun 2016, tercatat sebanyak 26 waria tewas. Angka yang sangat menyedihkan. Si pemimpin negara pun tidak kalah anti kepada kaum transgender.

Oh ya, semua episode Her Story ada di Youtube atau http://www.herstoryshow.com.

 

Jogja, 27 Agustus 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response