Ikan Bakar Makassar Jogja; Berbagai Olahan Ikan Segar

Menu ikan bakar yang saya perhatikan di Jogja ada dua jenis cara masaknya. Yang pertama, digoreng kering lalu dibakar. Atau ada pula ikan segar yang dibumbui lalu langsung dibakar. Untuk sejumlah warung makan penyetan, jarang yang menggunakan cara kedua. Sebab proses masaknya sangat lama. Bisa keburu dikomplain pelanggan.

Tapi, bagi para pencinta ikan daerah Timur, termasuk Sulawesi, lebih menyukai ikan segar yang dibakar. Tidak masalah jika menunggu agak lama asalkan sesuai dengan selera.

Ikan Bakar Makassar Berbagai Olahan Ikan Segar di Jogja

Salah satu warung ikan bakar yang cukup sering diulas dalam blog-blog kuliner Jogja adalah Ikan Bakar Makassar di Ruko Babarsari Kav A-45 (0812-1881-2472/0877-3883-4503). Ada pilihan cakalang, kerapu, kuwe, kakap, bawal, bronang, cumi, dan udang dengan range harga 13.000-20.000. Bisa dibakar polos, asam manis, rica sampai, pedas manis. Tersedia 3 sambal plus lalapan yang tidak masuk hitungan.

Jika punya selera makan yang besar, terutama nasi, satu porsi pastilah tidak akan cukup. Ini bisa jadi memang strategi yang digunakan agar pelanggan membeli dua porsi nasi. Selain itu, para penyuka sayur bisa menambah hidangan dengan menu kangkung maupun toge yang dimasak polos, trasi, maupun spesial.

Ikan Bakar Makassar; Berbagai Olahan Ikan Segar di Jogja
Sumber gambar: cupcakerinamutz.blogspot.com

Tidak ketinggalan, untuk menambah khasnya warung makan khas Makassar, tersedia pula menu pisang ijo atau es pallu butung, harganya sudah pasti terjangkau, 9.000 per porsi.

Warung Ikan Bakar Makassar bisa dikunjungi setiap hari (kecuali Selasa) mulai pukul 11.00-21.00. Letaknya sangat mudah dijangkau meski jika ingin ke sana harus mengambil jalan memutar terlebih dahulu. Jika tidak membawa kendaraan, jalan masuk ke Ikan Bakar Makassar terletak tepat berseberangan dengan deretan ruko Socius Café dan sebagainya.

Jika suatu kali hendak ke warung makan ini, setidaknya sediakan saja di dompet uang minimal 30.000. Dengan uang segitu, sudah dapat menikmati seekor cakalang, seporsi nasi, seporsi toge masak trasi, plus Aqua botol. Ajak pula teman-teman sesama pencinta ikan bakar biar lebih seru menikmati hidangannya.

 

Jogja, 18 Oktober 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response