J Edgar (2011); Film Tentang Sosok Pendiri FBI yang Ambisius

J Edgar (2011); Film Tentang Sosok Pendiri FBI yang Ambisius
J Edgar (2011). Sumber gambar: IMDB

J Edgar Hoover adalah sosok keras dan ambisius yang dengan tangan dinginnya berhasil membentuk Federal Bureau of Investigation (FBI). Ini film yang cukup berat untuk Anda tonton, tapi satu yang patut menjadi pilihan jika Anda suka dengan film beraroma sejarah Amerika dan perpolitikannya.

Diperankan oleh aktor tampan multitalented Leonardo diCaprio (The Great Gatsby, The Wolf of Wall Street) merupakan anak tunggal dari sebuah keluarga kelas menengah. Ia tinggal bersama kedua orang tuanya yang sudah renta. Karier awalnyadi kantor General Attorney, di mana saat itu Amerika Serikat sedang berusaha keras melawan gerakan radikal Partai Bolshevik yang beraliran komunis. Gerakan itu dituding telah melakukan tindakan-tindakan kriminal seperti penculikan, pembunuhan, hingga pemboman yang membuat warga Amerika dikecam ketakutan.

J Edgar lalu menampakkan kelihaian melacak jejak mereka. Dengan sisa-sisa barang bukti, ia bersama timnya berhasil mengungkap jaringan gerakan radikan dan menjebloskan pelakunya ke penjara.

Tidak sampai di situ. Atas kerja kerasnya, J Edgar diberikan wewenang untuk meminta pada atasannya tidak hanya kewenangan khusus, tapi juga bisa memegang senjata.membawahi sebuah departemen, yang sekarang kita kenal sebagai FBI. Awalnya FBI tidak memiliki keleluasaan untuk menangani kasus, karena setiap kali berada di TKP, mereka selalu dihalau oleh kepolisian setempat. Dalam film ini, kita bisa melihat betapa bobroknya pemerintahan Amerika. Banyak kasus yang melibatkan pejabat tinggi pemerintahan. Semua itu terdokumentasikan secara rapi dan dijaga oleh sekretaris J. Edgar, Helen Gandy. Dan file-file adalah hal utama yang pertama kali dicari ketika J. Edgar meninggal dunia.

Trailer J Edgar:

Comments are closed.