Jack Ryan Shadow Recruit (2014); Film Anggota CIA/Analis Wall Street

Jack Ryan Shadow Recruit (2014) Film Anggota CIA Analis Wall Street
Jack Ryan Shadow Recruit (2014). Sumber gambar: IMDB

Jika ingin melihat aktris Keira Knightley mengenakan sneaker dan tidak bermake-up menor-menor amat, di film Jack Ryan Shadow Recruit salah satunya. Awalnya dia memerankan mahasiswi kedokteran yang membantu para veteran peran Afghanistan yang diliputi trauma akibat perang, termasuk kehilangan anggota tubuh. Jack Ryan adalah salah satunya. Pria ini meninggalkan bangku kuliah di tengah jalan dan menjadi prajurit setelah serangan 9/11 terjadi. Tapi, kemudian helikopter yang ditumpangi bersama beberapa rekan kena serangan lalu jatuh. Jack Ryan mengalami luka parah hingga membutuhkan proses pemulihan cukup panjang.

Setelah pulih, seorang anggota CIA merekrutnya, tidak dengan resmi. Entahlah, mungkin beginilah caranya menjadi agen rahasia. Harus menyembunyikan identitas kepada orang lain, termasuk orang terdekat.

Alur cerita dalam Jack Ryan Shadow Recruit menurut saya memang terbilang cepat sehingga jika tidak memperhatikan pergantian waktu, akan bertanya-tanya, kok tiba-tiba Jack Ryan dan Kathy Muller sudah jadian aja. Diadaptasi dari novel karangan Tom Clancy, untuk satu ini memang katanya sengaja tidak mengikuti seri yang manapun. Setting yang seharusnya di Dubai pun dipindahkan ke Moskow.

Jack Ryan yang menyamar sebagai seorang analis keuangan di Wall Street, harus melacak pergerakan dana misterius yang jumlahnya cukup signifikan. Rupanya ada dalang di belakangnya dan dia memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut, tentu saja dengan tetap menyembunyikan kedoknya sebagai seorang anggota CIA.

Kemisteriusan Jack Ryan membuat sang kekasih merasa ada yang salah di antara mereka. Tuduhan berselingkuh pun terlontar juga. Terlebih, Cathy menemukan sobekan tiket bioskop yang disembunyikan Jack. Bahwa kemudian apa yang ada di otak Cathy, kekasihnya itu pastilah melakukan kebohongan lainnya.

Kepergian Jack Ryan ke Moskow, makin membuat Cathy terobsesi mengekorinya. Tanpa menyadari sebenarnya ia memasuki sebuah area yang bisa merenggut nyawa kapan saja. Para mafia Moskow ini sangat mencurigai orang-orang Amerika.

Tapi saya suka di bagian ketika Victor Cherevin (Kenneth Branagh-Wallander, sekaligus sutradara Jack Ryan) mengatakan di depan muka Jack Ryan:

You Americans like to think of yourselves as direct, but I wonder it perhaps you are just rude.

Dan Jack Ryan menjawab:

You Russians think of yourselves as poets but perhaps you’re touchy.

Ini mengingatkan saya ketika membaca novel Sarah’s Key, di mana si penulis membandingkan karakter orang Prancis yang angkuh dengan Amerika yang apa adanya. Hal-hal seperti ini mungkin di negara kita sudah dianggap SARA kali ya.

Secara keseluruhan, saya suka dengan film ini. Jack Ryan Shadow Recruit memang tidak dibanjiri adegan aksi terus-menerus, tapi music scoring yang pas menjadi pelengkap yang tidak tergantikan. Dan jangan berharap terlalu sering melihat Keira Kenightley di sini, sebab bintang utamanya adalah Chris Pine.

Trailer Jack Ryan Shadow Recruit:

Jogja, 8 November 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response