Jack the Giant Slayer (2013); Film Si Jack Pembasmi Raksasa

Jack the Giant Slayer (2013); Film Si Jack Pembasmi Raksasa
Jack the Giant Slayer (2013). Sumber gambar: IMDB

Jack the Giant Slayer; Versi Lain Jack dan Sulur Buncis, film yang menceritakan petualangan Jack di negeri para raksasa, dongeng masa kecil.

Dulu waktu gue kecil sekian dekade silam (buset! Bo’ong ding!), gue pernah baca buku dongeng gitu yang judulnya Jack dan Sulur Buncis. Ceritanya itu (sori gue lupa-lupa inget) Jack disuruh ibunya menjual apa gitu terus dia dibayar dengan biji-bijian. Ibunya lalu marah dan melemparkan biji-bijian itu keluar jendela. Besoknya tumbuhlah sulur (buncis kalau nggak salah) sampe langit. Jack lalu memanjat sulur itu yang ternyata sampai ke negeri raksasa. Jack lalu mengambil harpa dan ayam ajaib yang bisa bertelur emas di rumah raksasa. Dia lalu ketahuan dan dikejar raksasa. Cepat-cepatlah Jack turun kemudian memotong sulur itu. Di raksasa pun jatuh dan mati.

Nah, ini mirip dengan cerita Jack the Giant Slayer. Bedanya, Jack memanjat sulur (entah kacang apa) bersama pengawal kerajaan untuk menyelamatkan sang putri raja. Dan mereka harus menghadapi raksasa dahulu kalah sudah ditaklukkan oleh Raja Erick dengan menggunakan mahkota sakti. Mahkota ini sempat jatuh ke tangan calon suami sang putri raja, Roderick. Dia memang terobsesi untuk memerintah para giant dan merebut kekuasaan. Jack (minggu lalu gue nonton film si Nicholas Hoult yang Warm Bodies. Ni cowok logat British-nya kental banget ternyata) adalah putra petani yang sewaktu kecil sering didongengin kisah epiknya Raja Erick yang menaklukkan raksasa. Ketika besar, dia tetep suka dengan heroisme sang raja. Dan dia nggak menyangka akan bertemu raksasa bahkan ke negara antah berantah.

Diawali suatu hari dia disuruh sang paman menjual kereta beserta kudanya ke pasar di pusat kerajaan. Dia kemudian mampir di sebuah tempat pertunjukan dan bertemu dengan Putri Isabelle, pewaris tahta, yang sedang menyamar. Si Isabelle ini diganggu oleh sekelompok laki-laki. Jack ingin melindungi dan untunglah pasukan kerajaan segera datang dan menyelamatkan sang putri dan Isabelle dibawa kembali ke istana. Isabelle ini rencananya akan dinikahkan dengan Roderick yang punya niat jahat ingin membuka kembali relasi dengan para giant, apa lagi tujuannya kalau bukan melebarkan kekuasaan. Roderick lalu berencana untuk mencuri biji-bijian ajaib itu dan mahkota Raja Erick. Untungnya seorang biarawan lebbih dulu mengambil biji-bijian itu untuk diberikan pada biara gereja. Tapi niat itu diketahui Roderick. Biarawan itu ditangkap tapi biji-bijian itu sudah sempat ia serahkan pada Jack.

Tanpa sengaja, biji-bijian itu kena air (padahal nggak boleh) lalu tumbuh sampai ke langit. Rupanya, di antara bumi dan langit, ada negeri raksasa. Nah si Isabelle tanpa sengaja terikut sampai ke negeri para raksasa dan ditawan. Pihak kerajaan dan Jack pun menyusul. Dan Roderick seneng banget karena itu berarti dia akan bisa menguasai para raksasa. Dia sudah membawa serta mahkota Raja Erick untuk ia gunakan.

Tapi niat Roderick tidak terlaksana dengan sempurna karena pengawal kerajaan bernama Elmont berhasil mencegahnya. Sayangnya, mahkota itu jatuh ke tangan para raksasa dan mereka berhasil turun ke negeri manusia, hendak membalaskan dendam dan melenyapkan manusia. Jack dan semua tentara tidak tinggal diam, mereka bertahan dari serangan para raksasa yang ingin masuk ke wilayah kerajaan. Jack yang ditugaskan untuk menyelamatkan sang putri mati-matian mencari jalan keluar dan memberi peringatan pada kerajaan tetangga.

Petualangan Erik gue akuin menegangkan banget apalagi dihadirkan dalam format 3D, efeknya mantep gila. Tapi menurut gue masih lebih keren efek dalam film Hansel & Gretel yang sering ngagetin gitu sih. Animasi raksasa dalam ini sangat real dan hidup. Kelihatan banget deh sentuhan elegan ala Warner Bros yang selalu bikin penonton berdecak kagum hingga menyanjung-nyanjung.

Overall, Jack the Giant Slayer gue rekomendasikan buat ditonton deh. Di Amerika, Jack the Giant Slayer tayang perdana 1 Maret dan bersyarat PG13+, tapi sepertinya di Indonesia, anak usia 10 tahun dibolehin nonton kok. Hebat memang negara ini soal longgarnya pengawasan anak kecil nonton film dewasa yach *geleng2

Trailer Jack the Giant Slayer:

My room ,Jogja, 3 Maret 2013. 22.53 WIB

Leave a Response