Jamiroquai; Band Unik Pengusung Genre Acid Jazz

Jamiroquai; Band Unik Pengusung Genre Acid Jazz
Sumber gambar: livenation.com.au

Jamiroquai ini band yang selalu unik. Unik dengan musik, unik dengan penampilan vokalisnya.

 

Ketika mengubek-ubek koleksi musik jazz di komputer warnet langganan, saya menemukan satu folder berisi album lengkap Jamiroquai dengan beberapa album remix dan konser. Ini bukan band yang asing. Saya suka dengan video klip Virtual Insanity dan Deeper Underground. Vokalisnya identik dengan topi tingginya, namanya Jay Kay.

 

Tapi saya kemudian berusaha mengingat-ingat apakah band ini memang memainkan musik jazz. Saya coba mendengarkan track demi track dari album pertama, Emergency on Planet Earth, berjudul When You Gonna Learn, Too Young to Die, Hooked up. Lanjut dengan album The Return of the Space Cowboy yang rilis di tahun 1994. Berlanjut ke album-album selanjutnya.

Jamiroquai adalah salah satu band yang memilih genre acid jazz alias jazz yang sudah bercampur dengan nuansa soul, funk, disko, bahkan techno sehingga tidak jarang terdengar efek-efek suara yang aneh dan pengin bikin joget. Maka jangan mengira musik jazz itu semuanya kalem dan cocok sebagai pengantar tidur. Troyka dan Jamiroquai tidak pernah masuk playlist pengantar tidur saya.

Sedikit sejarah mengenai acid jazz, dan hey, coba saja dengarkan musik-musik Jamiroquai, berakar dari London di pertengahan 80-an. Di kala klub-klub dipenuhi musik disko ajojing bawaan para DJ, rasanya jazz bakal tersingkir jika terus berkutat dengan nuansa klasik kalemnya. Di samping itu, jazz adalah nyawa yang terlalu melekat dengan darah orang-orang Eropa, semacam mirip dengan fanatiknya orang Indonesia dengan dangdut.

Acid Jazz kemudian mulai terbawa ke Amerika Serikat, Jepang, Eropa Timur, sampai Brazil. Muncullah sejumlah nama lain seperti Incognito, Brand New Heavies, dan A Tribe Called Quest. Di Indonesia kalau pernah dengar The Groove dan Malik & D’Essentials, adalah pengusung acid jazz juga.

Kembali ke Jamiroquai, tidak semua track mereka murni campur aduk berbagai genre jazz, ada kalanya efek technonya dihilangkan sehingga jadilah blue-funk yang manis mengiringi vokal Jay Kay yang khas. Setidaknya, musik mereka lebih mudah saya pahami ketimbang Troyka dengan jazz fusion-nya.

Diskografi

  1. Emergency on Planet Earth (1993)
  2. The Return of the Space Cowboy (1994)
  3. Travelling Without Moving (1996)
  4. Synkronized (1999)
  5. A Funk Odyssey (2001)
  6. Dynamite (2005)
  7. Rock Dust Light Star (2010)

Jogja, 19 Mei 2015

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response