JogKul; Pusat Kuliner di Jogja Letaknya Sangat Strategis

JogKul; Pusat Kuliner di Jogja Letaknya Sangat Strategis
JogKul. Sambal SS. Sumber gambar: gudeg.net

Sudah pernah makan di Jogkul? Jika bahkan baru pertama kali mendengarnya, ini ada sedikit pembahasan.

Di hari pertama Idul Fitri 2014, tempat jualan makanan, pertokoan, bank, dan lainnya memutuskan untuk libur bersama. Tahun ini kebetulan, saya tidak pulang ke Medan dan rencana traveling saya masih lusa. Menjelang siang, meski tidak beraktivitas yang melelahkan, tetap saja perut ini lapar. Saya tahu, banyak tempat makan yang tutup, yang pasti buka itu mal, tapi dulu tidak separah ini. Di bawah sinar matahari pukul 12 siang, saya bermotor menyusuri Jalan Kusumanegara, ke Jalan Kenari, lalu Jalan Gondosuli, lanjut sampai Urip Sumoharjo, menuju Pondok Cabe Jalan C. Simanjuntak, melewati beberapa tempat makan yang semuanya tutup.

Saya mencoba ke Gejayan, sampai Nanamia Pizzeria, tidak ada yang buka, Ada warung tenda, tapi dengan cuaca sepanas ini, sepertinya kurang nyaman. Dengan rasa lapar yang makin mendesak, tapi tidak mau sembarang makan, saya pun mencoba ke Jalan Babarsari. Setali tiga uang, tutup kanan kiri. Ruko Babarsari yang memajang deretan outlet restoran sampai coffeeshop pun memilih meliburkan diri. Saya pasrah, kalau tidak nemu, saya akan cari makan sampai ke Solo!

Mata saya kemudian melihat sebuah tempat ramai, di Jalan Raya Kledokan, lewat, cuma kok penasaran, tempat apakah itu. Lalu saya balik arah setelah hampir melewati 50 meter. Semakin dekat, makin tampaklah tulisan JogKul, Jogja Kuliner. Sebelumnya saya pernah melihat baliho iklannya, tapi tidak tertarik mencari tahu, saya pikir restoran masakan Jawa, dengan ikon pria berbeskap dan berblankon.

Inilah penyelamat saya! Yup, jadi tempat ini semacam foodcourt, diisi oleh 18 outlet makanan dan minuman. Berhubung sempat nyolong pamfletnya, jadi say tahu jumlahnya. Jika tidak saat lebaran, setiap outlet tentunya akan buka, sayang sekali sebagian besar tutup hingga tanggal 30 Juli 2014.

Menurut pamflet colongan saya, di JogKul ada Bolo (ayam goreng, ketan durian, roll ice cream, es pancake durian, sayur ndeso lombok ijo), Lotek Bu Ary Colombo (lotek, gado-gado, pecel, tahu kupat), Depot Pengok (nasi bakmoy, babat gongso, nasi tim lo solo, garang asem), Hao Dimsum (dimpling, hakau, pao pandan, xiao long pao, lumpia galau, spring roll), Wakoel (nasi brongkos, nasi langgi, sop buntut), Milkbie (jualannya susu berbagai rasa), Narasa (mie dan nasi goreng Aceh), Tongseng Ayan dan Kambing Bu Asih (jualannya ya itu tadi plus gule ayam), Olala Risol (rogout ayam, rogout sapi, smoke beef mayo), Nasi Liwet Mbah Wongso Lemu asli Solo, BangsaOne (siomay kentang, tahu, telur) Es Pisang Ijo & Coto Makassar Bang Andi, Mister Bakmi (mie lo ayam kuah legit, asem-asem daging khamer, bistik), Sate Klathak Jombor, Bakmie Jombor, Special Masakan Tuna Hercules (sup tuna, pepes tuna, tuna asam pedas, tongseng tuna), Churrious Spanish Doughnut, dan Soto Kari Yu Lia.

Saya pesan dimsum ayam dan spring roll, cukup mahal, karena satu porsi dimsum isi tiga dan ukurannya mini, sama halnya dengan spring roll isi tiga dan small size. Totalnya 30.000. Untuk kantong mahasiswa kurang pas, tapi dengan free wifi, tempat yang luas dan cozy, parkir juga luas, dekat dengan jalan raya, dan mungkin harga tanahnya mahal, maka itulah harus yang saya bayar di kasir.

Alamat lengkap JogKul: Jl. Raya Kledokan, Catur Tunggal, Depok-Sleman (utara Hotel East Parc), faceboknya di sini, twitter di sini. Phone: 0274-4533778, reservasi 081904277126, BBM: 2Ab9EFA4.

 

Jogja, 28 Juli 2014

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response