John Wick (2014); Film Pembalasan Setimpal untuk Kematian Seekor Anjing

John Wick (2014). Sumber gambar: IMDB

John Wick diawali dengan adegan Keanu Reeves (The Neon Demon) keluar dari dalam mobil dengan keadaan terluka parah. Kemudian cerita bergulir dari awal, termasuk berbagai memori tentang kematian sang istri. Pelan-pelan, identitas John Wick yang tinggal seorang diri ini mulai terkuak. Jauh sebelum memutuskan untuk berkeluarga, dia adalah pembunuh bayaran. Pernah bekerja kepada seorang mafia Rusia bernama Viggo Tarasov dan melakukan sejumlah tugas yang diselesaikannya dengan waktu singkat, dan tentunya kejam.

Keduanya harus kembali bertemu karena putra Viggo membuat ulah pada John Wick. Mobil mewahnya menarik perhatian pemuda yang merasa sok keren dan selalu dilindungi dua pengawal. Sayangnya, Iosef tidak tahu dengan siapa dia membuat masalah. Dipikirnya, segalanya akan beres di tangan sang ayah.

Kali ini, John Wick sangat marah dibuatnya. Dikejarnya Iosef ke mana pun dia pergi. Orang-orang yang berusaha menghalangi, ditembakinya satu per satu, John Wick adalah seorang pembunuh bayaran yang ahli dalam pertarungan tangan kosong, memanfaatkan setiap benda di tangannya sebagai senjata, menembak dari jarak dekat maupun jauh. Kepala adalah sasaran tembak musuh ketika di jarak dekat.

Di bawah penyutradaraan Chad Stahelski dan David Leitch yang sebelumnya menggarap The Matrix, film ini terasa betul menegangkannya. Porsi penggunaan senjata boleh dibilang sangat tinggi dan tidak sekadar membuang-buang peluru secara percuma. John ditampilkan tidak begitu super, dalam arti tidak pernah terluka atau terkena tembakan. Ia pun pernah ternah tertangkap ketika sudah tidak mampu lagi melawan atau akibat musuh yang mencari hadiah besar untuk kematiannya.

Rasa sayang terhadap anjing peliharaannya pun semakin menampakkan sisi manusiawi seseorang yang baru saja memiliki teman baru. Menggali sisi penderitaan yang dalam. Bahwa ia hendak membalas dendam karena kematian anjing peliharaan yang tidak tahu apa-apa.

Konon katanya, Keanu Reeves melakukan sebagian besar adegan berbahaya dalam film ini dan sisanya dilakukan oleh double stunt. Aktor kelahiran 2 September 2015 boleh dibilang tidak terlihat tua, jika dibandingkan Brad Pitt yang setahun lebih muda. Badannya pun terlihat selangsing ketika berperan sebagai Neo dalam film The Matrix. Sepertinya, Keanu punya rahasia khusus tetap awet muda.

Trailer John Wick:

Jogja, 17 Oktober 2015