Justin Timberlake; Musisi Produktif Jebolan Boyband Kondang

Justin Timberlake; Musisi Produktif Jebolan Boyband Kondang
Justin Timberlake. Sumber gambar: Wikipedia

Justin Timberlake atau JT pernah menduduki posisi pop star dan diramalkan menyamai King of Pop Michael Jackson. Kariernya di dunia entertainment memang terbilang matang. Ia memulainya sejak usia belasan ketika bergabung dengan Mickey Mouse Club bersama Britney Spears dan Christina Aguilera.

 JT lahir di Memphis, Tennessee, 31 Januari 1981. Dia menghabiskan masa kanak-kanaknya di sebuah kota kecil sebelah utara Memphis. Kedua orang tuanya bercerai ketika JT baru berusia 5 tahun dan keduanya pun asyik dengan kehidupan baru masing-masing.

Semenjak kecil, JT sudah menampilkan bakat seninya, termasuk menyanyi dan menari. Kesempatannya untuk memulai karier berawal di tahun 1993. Di usianya yang menginjak 12 tahun, dia bergabung dengan Mickey Mouse Club. Tiga tahun kemudian, dia mengajak salam seorang temannya untuk membentuk sebuah band. Maka dikumpulkanlah Chris Kirkpatrick, Joey Fatone, dan Lance Bass sehingga lahirlah NSYNC. Nama ini diambil dari huruf terakhir masing-masing nama persobelnya.

Boyband ini dimanajeri oleh Johnny Wright yang juga pernah menjadi manajer New Kids on the Block. Sementara produser musiknya adalah Kristian Lundin dan Max Martin. Keduanya pernah menjadi produser untuk Backstreet Boys da Ace of Base. Dalam waktu singkat, boyband ini pun melejit namanya.

Album pertama NSYNC dirilis tahun 1996 dan menjadi hits selama dua tahun di Amerika. Di tahun 2000, album No Strings Attached meraih rekor penjualan album tercepat sepanjang masa.

Sayangnya, popularitas mereka drop di tahun 2002. Setelah menyelesaikan sejumlah tur dunia, mereka pun memutuskan untuk membubarkan diri. Berakhirnya NSYNC tidak membuat Justin pensiun dini. Dia sudah memikirkan untuk bersolo karie sebelum boyband itu benar-benar berakhir. Dia pun menyiapkan sebuah album solo plus mengubah penampilannya yang terlalu manis.

 Album Justified pun dirilis. Justin Timberlake tampil maksimal pada MTV Video Music Awards tahun 2002 dengan membawakan single Like I Love You yang diproduseri oleh the Neptunes. Musiknya sarat dengan genre R&B dan hip-hop, sementara unsur pop drastis berkurang. Justified terjual sampai angka 500 ribu kopi di minggu pertama. Single lain dari album tersebut yang juga mengukir sejarah penjualan yaitu Rock Your Body dan Cry Me A River.

Sebuah kasus memalukan pernah terjadi ketika JT tampil sepanggung dengan Janet Jackson. Itu membuat sejumlah media memboikot keduanya. Setelah memberikan pernyataan permintaan maaf, JT pun memilih untuk mundur sejenak dari dunia tarik suara lalu beralih ke dunia layar lebar. Ia memerankan cameo dalam beberapa film.

Di tahun 2006, ia meluncurkan album FutureSex/LoveSounds yang langsung naik ke nomor 1 Billboard, terjual sebanyak 900 ribu kopi dalam minggu pertama penjualannya. Beberapa hits single yang terdapat pada album ini adalah Sexy Back, My Love, dan What Goes Around…Comes Around.

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response