KD Lang; Musisi LGBT Penuh Prestasi dan Inovasi

Kathryn Dawn Lang atau KD Lang lahir di Kanada 2 November 1961, salah satu dari sekian artis yang beruntung bisa membuat album jazz duet dengan Tony Bennett. Genre musik yang dibawakannya adalah country, pop, folk, dan, jazz. Yang menjadi kekhasan KD Lang adalah penampilan maskulin dengan rambut pendek dan membawa gitar. Terkenal sebagai musisi LGBT penuh prestasi.

KD Lang; Musisi LGBT Penuh Prestasi dan Inovasi
Sumber gambar: paradigmagency.com

Prestasi bermusiknya diabadikan dengan meraih penghargaan Most Promising Female dari Juno Awards tahun 1985 dan Grammy Award 1989 kategori Best Female Country Vocal Performance. Masih ada penghargaan dari American Mucis Award dan Brit Music Award. Musik country yang dibawakannya membuat KD Lang sangat dikenal di seputaran Kanada dan wilayah-wilayah yang kental dengan genre musik ala cowboy.

Perjalanan musiknya seiring dengan karier di layar lebar dan panggung Broadway mengukuhkannya sebagai seniman multitalenta. Berdua dengan Cindy Crawford di tahun 1993 menjadi sampul majalah Vanity Fair, di mana Cindy tampak pura-pura mencukur cambang KD Lang, terkesan provokatif memang. Disebut-sebut dalam situs fashiongonerogue.com sebagai salah satu dari 10 sampul majalah kontroversi yang sulit terlupakan. Di tahun itu pula, KD Lang membuka dirinya sebagai lesbian dan entah dengan alasan apa dipilihlah supermodel Cindy Crawford.

Dari sekian banyak album KD. Lang, saya menyukai Absolute Torch and Twang khususnya untuk Didn’t I, lagu up beat dengan lirik sangat sederhana dan singkat, tapi soulful untuk sebuah pernyataan cinta. Saya bisa memutar lagu ini berulang-ulang hanya untuk menyanyikan bagian “didn’t’ I, didn’t’ I, didn’t’ I, didn’t’ I love you, baby?” Sisanya buat bikin goyang-goyang kepala sama kaki.

Di Indonesia, sosok KD Lang tidak populer dibandingkan Taylor Swift yang di awal kemunculannya juga membawa genre musik country lalu migrasi ke pop mengingat kepopuleran yang semakin memuncak.

 

Diskografi:

  1. Angel with A Lariat (1986)
  2. Shadowland (1988)
  3. Absolute Torch and Twang (1989)
  4. Ingenue (1992)
  5. OST Even Cowgirls Get the Blues (1993)
  6. All You Can Eat (1995)
  7. Drag (1997)
  8. Invicible Summer (2000)
  9. Live by Request (2001)
  10. A Wonderful World (2002)-Album duet Tony Bennett
  11. Hymns of the 49th Parallel (2004)
  12. Reintarnation (2006)
  13. Watershed (2008)
  14. Sing It Loud (2011)-Kolaborasi Siss Boom Bang

 

Jogja, 28 Mei 2015

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response