Kedatangan Tamu OKA Fahreza si MC Keren dari Jogja

Kedatangan Tamu OKA Fahreza Jogja Si MC Jogja
OKA Fahreza. Sumber gambar: pinterest.com

Sore sekitar pukul 3 sore tadi, seorang kawan-kami bertemu pertama kali ketika bedah buku Sweet Sins 2 tahun lalu-bernama Oka Fahreza berkunjung ke kantor DIVA Press. Cukup lama kami tidak bertemu karena adik yang satu ini kesibukannya memang banyak. Selain menjadi penyiar di JIZ FM, dia juga sering dapat job nge-MC off air.

Tidak banyak yang berubah dari sosok Oka, dia gemar bercerita dan punya keinginan untuk menulis. Tapi tunggu dulu, mari ngobrol-ngobrol saja dulu. Saya tahu, Oka ini punya banyak cerita yang bisa dibagi. Sejak pertama berkenalan, sangat terlihat jika karakternya jauh dari pendiam. Dan sebagai penyiar, sangatlah aneh jika tidak senang bicara.

Dia sekarang sudah lulus kuliah, dan merasa bebas untuk bekerja. Beda dengan ketika dulu dia masih kuliah, skripsi kepikiran, kerjaan juga kepikiran. Saya senang dengan tipe orang yang seperti ini. kalau dipikir-pikir, toh tanpa jadi sarjana pun, dia tetap bisa mencari uang.

Aktivitasnya sekarang juga mulai banyak seputar public speaking, mengajari anak-anak kecil untuk bisa “berbicara” pada orang lain. Jangan anggap enteng soal hal ini, karena tidak semua orang memiliki keberanian berbicara di depan umum, terlebih tidak pernah dipaksakan. Bahkan ada yang benar-benar minder sehingga selalu menghindar jika diberi kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya di depan umum.

Oka sangat ingin menulis novel, tapi saya tidak langsung serta-merta antusias dengan hal itu. Karena saya yakin, dia punya life stories yang jauh lebih menarik jika diceritakan apa adanya. Dan dia akan mampu menceritakannya. Semua memang perlu bukti, sayangnya Oka kurang begitu aktif ngeblog. Saya perlu tahu, gaya bercerita dia seperti apa. Aslinya dia gokil, saat menulis, apakah karakter itu akan keluar secara natural ataukah tidak. Saya tidak meminta dia untuk meniru penulis gokil siapa pun, saya ingin dia jadi diri sendiri, sebagai Oka bukan follower si A atau B. Menjadi follower adalah satu cara paling tepat untuk memulai sekaligus membunuh karier dalam bidang apa pun. Percaya deh.

So, Oka, datanglah lagi jika kamu sudah siap dengan materi kamu. Dan pekerjaan kamu itu sangat mulia, enjoy and be yourself.

 

Yogyakarta, 9 September 2014