Konten Marketing; Pilar Promosi Tanpa Batas Masa Kini

Menjual sebuah produk butuh sokongan penuh dari konsep marketing yang kuat. Ibarat kita ingin agar dikenal oleh orang baik, tentulah harus menonjolkan diri, dengan cara yang tidak biasa. Hal ini disadari betul oleh hampir setiap produsen di luar sana. Bahwa produk jadi tidak akan familiar oleh publik tanpa adanya pengenalan via marketing. Ada banyak sarana yang sekarang bisa digunakan, dengan berbagai media; media cetak, televisi, radio, hingga berbasis internet berupa konten-konten dalam blog.

 

Bermula dari Sesuatu yang Gratis

Membuat blog tidak sulit, tidak perlu mengeluarkan uang pun juga, seseorang sudah bisa memiliki blog. Tinggal mengisinya dengan apa, materi seputar ulasan film, traveling, kuliner, teknologi, ataukah itu berupa konten marketing, buat jualan. Yang mana pun sah-sah saja. Prinsip blogging adalah sebuah media ekspresi kebebasan. Tulisan kita bisa mengulas apa saja, bisa dibaca orang dari mana-mana saja.

Konten Marketing; Pilar Promosi Tanpa Batas Masa Kini
Sumber gambar: leapclixx.com

 

Mustahil Tanpa Riset

Konten-konten marketing dalam sebuah postingan blog adalah pilar baru dalam strategi penjualan yang mulai memperlihatkan kekuatannya. Terlebih jika konten marketing dilengkapi dengan pengalaman penggunaan/pemakaian sehingga si pembaca/calon pembeli merasa makin yakin untuk menggunakan produk tersebut. Sebuah promosi yang baik tentunya tidak berlebih-lebihan pula. Para blogger yang memanfaatkan blognya untuk mencari penghasilan selalu melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk yang akan dipilihnya sebagai bahan tulisan, tak lepas dari poin-poin kelebihan dan kekurangan. Calon konsumen perlu tahu seluk-beluk sebuah produk dengan detail, dan itu tentunya hal seorang konsumen. Menyampaikan kekurangan sebuah produk tidak serta-merta membuat nilai sebuah produk menjadi turun di mata konsumen. Produk sebagus apa pun tentu tidak luput dari kekurangan. Lagi-lagi kekurangan itu bisa berasal dari pembandingan dengan produk setipe dengan itu.

 

Lomba Blog? Mengapa Tidak?

Penyelenggaraan lomba antar blog untuk mengulas sebuah produk juga menjadi sumbangsih besar terhadap ajang promosi. Coba saja bayangkan, jika satu produsen menggelar lomba blog, yang kemudian diikuti oleh setidaknya seratus peserta dalam satu periode. Tiap-tiap blogger akan memposting sebuah konten marketing di blog. Mengulas dari berbagai sudut pandang, hingga ke bagian yang tidak terpikirkan sekalipun. Maka begitu lomba ditutup, akan ada seratus konten marketing yang siap terindeks oleh Google setiap menitnya. Dengan berbekal kekuatan kata kunci, konten-konten tersebut akan berlomba-lomba urutan teratas. Lalu di kemudian hari, konten-konten marketing dalam lomba blog tersebut juga masih tetap akan bermanfaat bagi siapa pun yang membutuhkan informasi. Konten marketing dalam sebuah blog sifatnya adalah jangka panjang. Tidak ada pembatasan penayangan seperti iklan-iklan di media masa yang hanya hitungan deting maupun media-media promosi lainnya. Selagi produk itu masih ada di pasaran, masih mampu bersaing dengan produk-produk lainnya, masih memiliki kualitas yang sama, tentunya dia akan bertahan hingga jangka waktu yang lama. Seorang blogger pun juga mendapat imbas dari konten marketing yang ditulisnya, misalnya menambah trafik pada blog yang dikelolanya tersebut atau pun mendapatkan penawaran kerja sama lebih serius dari produsen yang bersangkutan berbekal rasa percaya . Tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan minat dari produsen lain untuk ikut melibatkan kita di masa mendatang. Sama-sama menguntungkan.

 

MutualismeĀ dalam Blogging

Konten marketing yang baik tidak akan merugikan salah satu pihak. Jika memang kejadian itu ada, anggap saja sebagai pelajaran berharga. Tidak perlu dijadikan alasan untuk berhenti dari hobi blogging apalagi memposting konten-kontenĀ  marketing lainnya. Seseorang tidak akan bisa disebut sebagai blogger jika di dalam hidupnya tidak pernah bersentuhan dengan blog. Seorang blogger marketing adalah mereka yang selalu setia dengan konten-konten marketing. Happy blogging!

 

Jogja, 17 November 2015

Nisrina Lubis

Nisrina Lubis

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response