Langkah untuk Negeri; Fun Run dan Fun Walk Adira Finance

Adira Finance Langkah Untuk Negeri - Yogyakarta 2017
Langkah untuk Negeri. Sumber gambar: dunialari.com.

Langkah untuk Negeri adalah rangkaian event Adira Finance untuk merayakan ulang tahun ke-27. Dimulai dari Jogja (1 Oktober), akan lanjut di Bandung (8 Oktober), Surabaya (15 Oktober), Medan (15 Oktober), Bali (22 Oktober), Makassar (22 Oktober), Pontianak (5 November), Palembang (5 November), dan Jakarta (12 November).

Ada 3 kategori lomba yang dihadirkan: 2K Fun Walk Individu, 2K Fun Walk Group, dan 7K Fun Run. Kategori fun walk jadi begitu meriah karena juga ada lomba kostumnya, dan yang Jogja heboh-heboh, ada yang jadi Kura-Kura Ninja, kostum ala bidadari, ala Pandawa Lima juga nggak kalah heboh, kostum adat Papua, ada yang sekeluarga memakai piyama yang mungkin mereka ini baru bangun langsung ke GOR Amongrogo. Hadiahnya memang lumayan gede, 7.500.000 untuk Juara 1.

Sementara untuk Fun Run, disediakan hadiah 10.000.000 untuk Juara 1. Effort memang tidak boleh dikesampingkan, meski ada “fun” di dalamnya. Yang ngejar duit sama yang nyari keringat jadi satu deh di situ.

Tanggal 1 Oktober ada 3 event lari. Color Run, yang ini, dan terakhir di Pantai Baron. Saya ambil yang Langkah untuk Negeri karena uang pendaftarannya paling murah dan start-nya paling mudah dicapai. Teman saya yang ikut di Pantai Baron, malah sekalian berkemah.

Langkah untuk Negeri; Fun Run dan Fun Walk Adira Finance

Untuk event ini, saya hanya latihan seminggu. Saya jadwalin Senin, Rabu, dan Jum’at. Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk memperbaiki otot-otot dan carbo loading. Di latihan ketiga barulah saya bisa memperkirakan berapa kira-kira waktu yang saya butuhkan untuk sampai ke finish. Panitia menyediakan waktu 2 jam. Perkiraan waktu saya hanya 1 jam 7 menit.

Pace saya masih tergolong lambat. Tapi setidaknya saya bisa menjaga kecepatan. Artinya, saya terus berlari dengan lambat. Peserta lain banyak yang saya lihat berjalan-berlari-berjalan-berlari. Kebayang nggak tuh kaki capeknya seperti apa.

Water Station terletak di kilometer 2,5 dan 5 padahal matahari cepat sekali terasa panas. Atau memang saya yang kepanasan plus rute kami padat kendaraan. Saya seharusnya memindahkan Pocari Sweat ke dalam botol, tapi itu tidak saya lakukan. Sementara air di Water Station susah diminum ketika sambil berlari.

Langkah untuk Negeri; Fun Run dan Fun Walk Adira Finance

Start dimulai pukul 06.29. Setengah jam molor karena ada acara senam Zumba segala. Ketika start, berhubung saya masih harus menyalakan Strava di hape, akhirnya saya ketinggalan di belakang. Biarin deh. Yang penting ini tercatat dan seminggu ini saya sudah berlari total 26 kilometer. Biasa aja kan? Memang.

Saya memilih berlari santai saja, toh di belakang masih ada peserta lain. Nggak dapat medali juga nggak apa-apa sih. Toh bukan terbuat dari emas juga. Tapi kalau dapat ya mau pamer. Kakak saya medalinya udah lumayan banyak. Bahkan udah ikutan 25K sebelum dia nikah dan punya anak.

Langkah untuk Negeri; Fun Run dan Fun Walk Adira Finance
Langkah untuk Negeri. Race Pack. Sumber gambar: tapakrantau.com.

Jarak yang harus saya taklukkan adalah 7,4K. Race pack berisi kaus berwarna kuning dan tipis. Maka saya melapis dengan singlet hitam dan decker. Biasanya saya berlatih dengan jersey sepeda sehingga sirkulasi udara berjalan sempurna. Dengan baju setipis itu, warna terang, ditambah keringat, badan saya terlihat dengan jelas. Saya sih nggak masalah, yang melihat itu lho yang saya pikirkan. Peserta lain yang perempuan juga pada memakai lapisan di dalam.

Ada pula tas berwarna kuning tapi tidak saya gunakan karena saya membawa tas sendiri. Itu tas sepeda. Kemarin saya nyari tas punggung untuk lari di Eiger, stoknya sedang kosong. Yah yang itu juga tidak apa-apa. Setidaknya, tangan saya tidak perlu terbebani apa pun juga.

Di dalam race pack juga ada kupon doorprize, air mineral (bukan Pocari Sweat karena tidak ikut sponsor), minuman sachet, dan nomor dada. Nomor dada dipasang dengan 4 peniti. Salah satu lubang nomor saya lepas. Untung lepasnya ketika sudah finish.

Nah, menjelang finish, semua peserta lari harus melewati beberapa rintangan. Mulai dari semacam balok berbentuk segitiga, lalu melewati ban-ban, lalu rintangan pukul sansak, kolam mainan, lalu busa-busa licin. Belum sempat napas, udah dihampiri panitia untuk ditanya biodatanya sama diminta pita bukti checkpoint. Woy, give me a space!

 

Langkah untuk Negeri; Fun Run dan Fun Walk Adira Finance

Tapi saya akhirnya senang karena masih dapat medali finisher. Medali pertama nih! Pace saya sedikit lebih baik dari kemarin karena menjelang finish, saya tancap gas, melewati rombongan yang mengambil setengah ruas jalan. Benar-benar padat. Padat manusia dan kendaraan Untungnya polisi lalu lintas siap sedia di setiap titik ramah bersama marshal yang berjaga di sejumlah titik.

Pukul delapan barulah acara di panggung dimulai. Pembagian dorprize dan penyerahan hadiah. Ada beberapa stan makanan juga minuman, termasuk dari beberapa merek motor, minuman kesehatan, termasuk cek kesehatan.

Yang penasaran ikutan di kota-kota lainnya, silakan langsung aja daftar via situs resminya.

Jogja, 1 Oktober 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

2 Comments

Leave a Response