Looper (2012); Film Tentang Pembunuh dari Masa Depan

Looper (2012); Film Tentang Pembunuh dari Masa Depan
Looper (2012). Sumber gambar: IMDB

Joe adalah seorang looper, pembunuh bayaran yang harus menghabisi nyawa target yang dikirim oleh sebuah pihak dari masa depan. Cara kerjanya cukup dengan menunggu si target di sebuah tempat terbuka, si target muncul begitu saja, lalu tembak. Dor! Mati. Simple. Dan looper ini jumlahnya tidak hanya satu, tapi banyak dan begitu terorganisir. Setiap kali membunuh, seorang looper mendapatkan bayaran berupa perak batangan yang diletakkan di punggung di target tembak. Joe adalah seorang looper yang suka korup, dia menyimpan setengah dari perak batangan untuk dia gunakan ke Prancis di suatu saat nanti.

Joe (Joseph Gordon Levitt-Premium Rush, Snowden) adalah looper termuda, latar belakangnya cukup kelam. Dia lalu direkrut untuk sebuah pekerjaan yang cukup aneh, tapi dia bisa menjalaninya. Sisi lain hidupnya, dia adalah seorang pemakai narkotika kelas tinggi, sama seperti teman-teman sesama pembunuh berdarah dingin. Hingga suatu saat, Seth, salah seorang rekannya datang dan mengatakan bahwa ia baru saja mengalami hal buruk di mana ia harus membunuh dirinya sendiri, bukan bunuh diri tapi membunuh sosoknya 30 tahun kemudian. Seth tidak bisa melakukan itu. Dia meminta bantuan Joe untuk melindungi dirinya. Dari Seth pula, ia mendapat informasi tentang The Rainmaker, bos para looper yang mahakejam. Kekejamannya terbukti dengan ambisinya menghabisi para looper.

Joe tua yang merasa perlu “mengubah takdir” lalu berusaha mencari jalan keluar. Ia pun sampai pada titik bahwa The Rainmaker adalah penyebab semuanya. Dia berusaha mencari bocah yang kelak 30 tahun kemudian menjadi The Rainmaker. Dia lalu menghubungi Joe muda dan memintanya untuk pergi sejauh mungkin dan dia sendiri akan mengejar si bocah itu. Dengan beberapa petunjuk, ia mulai bergerak. Joe muda pun begitu. Akhirnya ia sampai di sebuah rumah yang dihuni seorang ibu dan anak sementara Joe tua mengawasi anak lain yang punya ciri-ciri sama.

Pertemuan dua bintang action, Joseph Gordon-Levitt dan Bruce Wills emang terasa pas di film ini. Mereka memerankan karakter yang berbeda. Joe muda cenderung seenaknya sendiri, berpikir pendek, kekanak-kanakan, tapi dia pelindung yang baik. Sementara Joe tua, begitu matang, seorang pria yang romantis, tapi pendendam. Tim casting film ini oke banget karena bisa mempertemukan dua aktor yang memiliki mata yang mirip, mulai dari bentuk hingga warna bola mata (meskipun soal warna bisa dimanipulasi dengan softlens ya).

Untuk kategori film action, menurut gue kadar perkelahiannya tidak terlalu jor-joran. Malah cenderung ke dramanya yang lebih kuat. Bagian yang gue suka, itu pas entah tahun keberapa, si Joe jadi mafia lalu rambutnya agak panjang, kayak Keanu Reeves gitu, keren!

Basicly, Looper yang rekomendasikan buat ditonton. Jalan ceritanya menarik dan dibuat sesekali flash back untuk membuat konsentrasi penonton terpecah. Gue rasa itu maksud si sutradara ketika setelah adegan Joe muda terjatuh dari mobil lalu berulang ke saat dia akan menembak dirinya sendiri.

Trailer Looper:

Yogyakarta, 9 Oktober 2012

Leave a Response