Loveless (2017); Kisah Anak Hilang dan Pasangan yang Tak Saling Cinta

in Film by
Loveless (2017); Kisah si Anak dari Pasangan yang Tak Saling Cinta
Loveless (2017). Sumber gambar: IMDB.

Loveless berjudul asli Nelyubov masuk dalam nominasi Golden Globes 2018 kategori Best Motion Picture – Foreign Language. Kelak bersaing dengan A Fantastic Woman (Chile), First They Killed My Father (Kamboja), In the Fade (Jerman), dan The Square (Swedia). Film ini sendiri datang jauh-jauh dari Rusia, negara yang cukup jarang menyetor film terbaiknya untuk festival film di Amerika.

Sebelum sampai di Amerika Serikat, film ini sebelumnya telah memenangkan Jury Prize di ajang Cannes Film Festival 2017.

Loveless berdurasi 127 menit yang disutradarai oleh Andrey Zvyagintsev (Leviathan, Elena). Ditulis oleh Oleg Negin dan Andrey Zvyagintsev. Dan para pemerannya saya tidak satu pun mengenal mereka, tapi akting mereka tidak perlu diragukan kualitasnya.

Sebelum membahas jalan ceritanya, satu hal yang paling saya sukai dari Loveless adalah sinematografinya yang supertajam dan cantik, Moskow terlihat begitu indah di musim dingin, terutama setting tepi danau yang dilewati Alyosha ketika pergi dan pulang sekolah. Namun, seperti halnya film-film Eropa, ada poin “suram” yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dengan pencahayaan yang dibuat tidak berlebihan.

Loveless merujuk pada sepasang suami istri yang memutuskan berpisah dan memiliki kekasih lagi. Mengapa tidak bercerai, karena si bosnya Boris adalah penganut Kristen Ortodox, dalam ajaran agama itu, kata perceraian tidak ada. Dan perceraian akan berakibat pada pekerjaan. Akhirnya ketika keduanya bertemu, Boris dan Zhenya hanya berantem dan berantem, bahkan mereka sadar Alyosha putra mereka ada di sana. Ucapan kasar yang termuntahkan Zhenya juga turut menyakiti perasaan Alyosha yang baru berusia belasan tahun. Seorang anak yang tidak banyak bicara, bahkan tidak juga banyak teman.

Boris tinggal bersama sang pacar yang sudah hamil. Zhenya kadang ke rumah pacarnya, seorang lelaki yang lebih tua dan pengertian dari Boris. Jangan mengira kalau film ini akan bersih dari adegan ranjang atau telanjang, meskipun ketika adegan ranjang pencahayaannya dibuat agak redup, tidak seperti film Prancis yang terang benderang dan tampaklah penis yang bergelantungan atau vagina yang dicukur bersih. Ups.

Ketidakakuran Boris dan Zhenya tidak mereda ketika Alyosha pada suatu hari hilang. Sang kepala sekolah menghubungi sang ibu dan sang ibu menghubungi suaminya. Jangan berharap keduanya saling menguatkan seperti drama-drama cengeng pada umumnya. Tidak sama sekali. Bahkan makin parah dan tidak ada habisnya saling menyalahkan. Belum lagi, ibu Zhenya kembali mengungkit-ngungkit keputusan putrinya angkat kaki dari rumah untuk menikahi Boris beberapa tahun silam.

Keadaan tidak membaik, di samping pencarian Alyosha tidak kunjung membuahkan hasil menggembirakan. Mulai dari pencarian anak hilang, sampai pencarian mayat. Polisi dan tim SAR kerahkan selama berhari-hari. Apakah Alyosha melarikan diri, diculik, dibunuh, dimakan hewan buas di hutan, atau bagaimana?

Jogja, 24 Desember 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

Latest from Film

Partners Section:

best thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appbest thai dating appfree iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8free iphone 8
error: All contents protected, please contact email below to copy
Go to Top

Powered by themekiller.com sewamobilbus.com caratercepat.com bemp3r.co