Macadam Stories (2015); Kisah-Kisah Realis dalam Gedung Apartemen

Macadam Stories (2015); Kisah-Kisah Realis dalam Gedung ApartemenMacadam Stories (2015). Sumber gambar: IMDBMacadam Stories berjudul asli Asphalte memiliki persamaan dengan High Rise yang kemarin saya bahas, yaitu tentang sejumlah penghuni di sebuah apartemen. Jika High Rise bernuansa dystopia dan berakhir rusuh, Asphalte berakhir dengan sangat damai. Naskahnya diadaptasi dari autobiografi edisi pertama milik sang sutradara, Samuel Benchetrit, berjudul Les Chroniques de l’Asphalte. Pertama kali diputar di Cannes Film Festival 2015.

Saya memilih film ini karena salah satu pemainnya adalah Isabelle Huppert (Elle, Things to Come, Louder Than Bombs) salah satu aktris Prancis yang sudah pernah menang di sejumlah penghargaan film bergengsi macam Golden Globes, BAFTA Awards, Berlin International Film Festival, Cannes Film Festival, César Awards, David di Donatello Awards, Lumiere Awards.

Macadam Stories dibuka dengan pertemuan para penghuni apartemen untuk mengganti lift yang rusak.  Sembilan puluh sembilan persen penghuni sepakat patungan mengganti lift. Kecuali satu orang, Sterkowitz namanya. Alasan dia enggan patungan karena menghuni lantai 1 dan tidak pernah menggunakan lift. Orang-orang pun tidak memaksanya untuk sepakat, lift tetap diganti baru.

Saat pertemuan itu, Sterkowitz tertarik dengan sepeda statis milik si penyelenggara rapat. Dia pun memesan barang yang sama lalu mencobanya. Dipasangnya program otomatis dan kakinya tinggal mengikuti kayuhan pedal. Sampai dia ketiduran, sampai jarak tempuhnya 100 kilometer. Dia pun masuk rumah sakit dan harus menggunakan kursi roda.

Nah, dengan keadaan seperti itu, mau tidak mau harus memakai lift. Sterkowitz harus diam-diam menggunakan lift. Dicatatnya jam-jam penghuni apartemen menggunakan tangga dari pagi hingga malam agar dapat keluar apartemen dengan tenang. Ketakutannya tidak beralasan, penghuni apartemen sepertinya juga tidak akan tega melihat dirinya yang sudah seperti itu harus semakin tersiksa.

Sterkowitz juga dikisahkan jatuh cinta dengan seorang perawat dan ingin membuat perempuan itu kagum dengan cara mengaku sebagai seorang fotografer. Unik caranya ketika dia berusaha membuat begitu banyak foto demi membuktikan bahwa dirinya telah berkeliling dunia demi pekerjaannya.

Aktris dan si Anak Muda yang Penasaran

Masih di gedung apartemen yang sama, ada seorang aktris paruh baya yang menjadi penghuni baru. Namanya Jeanne Meyer. Sudah banyak film yang dibintanginya ketika muda dan sekarang untuk mendapatkan satu peran saja sulit. Tetangga apartemennya adalah seorang remaja lelaki yang tinggal bersama sang ibu. Charly hanyalah anak sekolahan biasa yang begitu pulang sekolah, main sebentar dengan teman-temannya, lalu pulang. Perkenalan antara Jeanne dan Charly terjadi ketika pintu apartemen Jeanne tidak bisa dibuka. Sembari menunggu tukang kunci, Charly menawarkan apartemennya untuk rehat. Perbedaan usia di antara mereka membuat Charly tidak mengenal Jeanne. Maka, dia pun mengatakan ingin melihat film-filmnya. Di hari-hari berikutnya, mereka berdua menjadi sering ketemu. Charly begitu ingin tahu lebih banyak tentang tetangga barunya itu.

Astronot Amerika dan Ibu Seorang Tahanan

Masih ada satu lagi kisah yang masuk ke dalam omnibus Macadam Stories ini. Kisah John McKenzie, si astronot Amerika Serikat yang pesawat ulang-aliknya mendarat di atap apartemen. Karena sebuah kesalahan teknis, John keheranan ketika mendapati dirinya tidak berada di Amerika, namun di tengah-tengah orang yang berbahasa Prancis. Saking bingungnya, dia pun mengetuk salah satu pintu penghuni apartemen dan pemiliknya adalah Madame Hamida imigran dari Aljazair yang putranya sedang menjalani hukuman di penjara. Keduanya berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Yang satu tidak bisa berbahasa Prancis, satunya tidak bisa sama sekali berbahasa Inggris. Sembari menunggu datangnya bala bantuan dari NASA di Amerika, di apartemen itulah John berada. Si tuan rumah sangat ramah dan tidak mencurigai yang macam-macam. Dia memasak untuk John, bertanya tentang luar angkasa, dan meminjamkan pakaian putranya. John sama sekali tidak punya baju selain yang dipakainya.

Kisah-kisah yang diselipkan nuansa humor, kelucuan-kelucuan yang tak masuk akal namun disampaikan secara sederhana. Isabelle Huppert tidak menjadi satu-satunya pusat perhatian kali ini, percintaan Sterkowitz dan relasi hangat Madame Hamida juga memberikan semacam sindiran halus untuk selalu menjadi diri sendiri.

Trailer Macadam Stories:

Jogja, 24 Maret 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response