Manchester by the Sea (2016), Film Tentang Seorang Pria dan Keponakan

Manchester by the Sea (2016), Film Tentang Seorang Pria dan Keponakan 2
Manchester by the Sea (2016). Sumber gambar: moviepostershop.com

Sebelum diubah menjadi Manchester by the Sea, kota ini hanya bernama Manchester. Menjadi lokasi pengambilan gambar film bergenre drama, mengetengahkan tentang kehidupan flash-forward Lee Chandler (Casey Affleck-A Ghost Story, Triple 9, Interstellar) seorang pria pendiam mahal senyum yang bekerja sebagai tukang reparasi ini-itu sebuah gedung apartemen. Sikapnya yang dingin terhadap penghuni apartemen membuat Lee seringkali mendapat teguran dari atasannya.

Lee sangat berbeda dari sang kakak Joe Chandler (Kyle Chandler-Carol) yang lebih ramah, murah senyum, dan sayang pada keluarga.

Manchester by the Sea mengambil penceritaan dari dua masa, yaitu ketika Joe Chandler masih hidup, putranya masih kecil dan istrinya sering mabuk-mabukan. Joe sesekali mengajak putranya refreshing naik yacht, bercanda dengan begitu akrab. Namun sebuah diagnosis membuat kehidupan yang sedemikian riang menjadi muram.

Sementara Lee, dia memiliki seorang istri, Randi (Michelle Williams-Certain Women, Shutter Island, Oz the Great and Powerful) yang perhatian dan dua anak yang juga masih kecil-kecil. Tapi ada sesuatu tentang Lee yang sengaja disembunyikan oleh Kenneth Lonnergan (Gangs of New York), sang sutradara sehingga sebuah kejadian tragis terjadi pada keluarga Joe. Itulah yang menjawab rasa penasaran saya mengapa begitu nama Lee Chandler disebut, penduduk setempat seolah tidak percaya. Itu sebaiknya tidak saya ceritakan demi menahan spoiler.

Sumber gambar: IMDB

Lanjut saja ketika Joe meninggal karena penyakit yang dideritanya.

Patrick, putra Joe sudah tidak punya siapa-siapa. Lee diminta untuk menjaga sang putra. Permasalahannya, Lee merasa dia tidak akan sanggup merawat Patrick dengan kondisi finansial yang lemah. Joe tidak meninggalkan warisan harta untuk adiknya.
Patrick adalah tipe pemuda yang memiliki banyak penggemar perempuan. Pacar mana cukup satu. Lee tidak berusaha membuat keponakannya harus setia pada satu perempuan. Baginya, anak muda boleh seperti itu.

Kota Manchester by the sea bukanlah tempat dengan hiruk-pikuk. Kita diajak untuk mengenali kota ini, melihat kapal-kapal yacth yang merapat di dermaga dipermainkan air laut yang mengarah ke Samudra Atlantik. Tidak ada yang istimewa di sana, tapi kisah dari Lee Chandler dan konflik hidupnyalah yang membuat kita ingin mengikutinya sepanjang 137 menit. Durasi yang terbilang panjang, maka sebaiknya ditonton dengan perbekalan penuh camilan. Casey Affleck tidak perlu dipertanyakan mengapa masuk dalam nominasi Aktor Utama Terbaik Oscar tahun ini.

Trailer Manchester by the Sea (2016):

Jogja, 2 Februari 2017

Nisrina

Nisrina

Ini rumah virtual saya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Kalau ada perlu, boleh email ke: sureltapakrantau@gmail.com

Leave a Response